Penghafal Al-Qur'an Kota Solok Ikuti Upgrade Wisuda Hafiz 2021

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nova Elvino saat bersama panitia dan tim penguji upgrade hafiz Kota Solok
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nova Elvino saat bersama panitia dan tim penguji upgrade hafiz Kota Solok (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Ratusan Hafiz dan Hafizah Kota Solok mengikuti upgrade wisuda 1000 hafiz tahun 2021. Peserta yang lolos akan mendapat kesempatan untuk mengikuti prosesi wisuda 1000 hafiz.

Upgrade hafiz dipusatkan di masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok selama dua hari dari 2-3 Desember 2021. Sedikitnya 760 hafiz dan hafizah mendaftar. Hafalan peserta diuji langsung oleh penguji dari Provinsi Sumatra Barat.

baca juga: Beraksi di 6 TKP, Pelaku Jambret Dibekuk Tim Polsek Kota Solok

Upgrade hafiz tidak hanya diikuti oleh kalangan anak muda, namun juga tercatat sejumlah lansia. Peserta tertua sudah berumur 68 tahun, sementara termuda usia 6 tahun.

Wali Kota Solok melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nova Elvino, upgrade hafiz merupakan bagian dari upaya mensyiarkan Al-Qur'an ditengah kehidupan masyarakat Kota Solok .

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

"Selaras dengan julukan Kota Solok , Kota Beras Serambi Madinah , syiar agama Islam harus kental dalam kehidupan masyarakat, membumikan Al-Qur'an sebagai pedoman kehidupan," paparnya.

Dengan adanya upgrade wisuda hafiz Al-Qur'an, diharapkan menjadi motivasi bagi generasi muda Kota Solok untuk lebih giat dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an. Para penghafal Al-Qur'an harus terus tumbuh ditengah kemajuan teknologi.

baca juga: Lomba Sumdarsin, Wako Solok : Ini Untuk Melindungi Masyarakat

"Seperti diketahui, banyak fadilah bagi yang membaca dan menghafal Al-Qur'an, tentu saja dalam rangka ibadah. Wisuda hafiz dan hadiah yang diberikan hanya bentuk ransangan,"paparnya.

Sementara itu, Kasubag Kesejahteran Masyarakat Setda Kota Solok , Sisri Irawati menjelaskan, upgrade hafiz merupakan lanjutan program wiisuda 1000 hafiz yang telah dilakukan Kota Solok sebelumnya.

baca juga: Miris, Dua Pelajar SD di Kota Solok Dicabuli Ayah Tiri

"Pesertanya berasal dari pelajar dan mahasiswa asal Kkota Solok, termasuk masyarakat umum. Asda diantaranya yang sudah lansia, dan juga usia dini, pengujinya langsung dari provinsi dan juga Kota Solok ," paparnya.

Editor: Syafriadi