Wako Solok : Pendidikan Politik Penting Bagi Perempuan

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar membuka pendidikan politik bagi tokoh perempuan Kota Solok di Hotel Taufina
Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar membuka pendidikan politik bagi tokoh perempuan Kota Solok di Hotel Taufina (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Eksistensi kaum perempuan dalam bidang politik di Kota Solok masih rendah. Keterwakilan perempuan di legislatif masih minim, dari 20 anggota DPRD yang ada saat ini, hanya ada 2 orang perempuan atau 10 persen dari jumlah kursi.

Rendahnya angka keterwakilan perempuan di lembaga legislatif sedikit banyaknya mempengaruhi isu soal kebijakan kesetaraan gender dan perlindungan anak. Partisipasi perempuan dalam proses pembuatan kebijakan perlu diperkuat.

baca juga: Beraksi di 6 TKP, Pelaku Jambret Dibekuk Tim Polsek Kota Solok

Menurut Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar, pendidikan politik menjadi hal yang sangat penting bagi kaum perempuan . Hal ini menjadi sarana dalam mendorong partisipasi perempuan dalam politik.

"Keterwakilan dan keterlibatan perempuan di dalam proses pembuatan kebijakan merupakan hal yang penting dalam demokrasi," ungkap Zul Elfian saat membuka pendidikan politik bagi tokoh perempuan Kota Solok , Sabtu (4/12/2021) di Hotel Taufina.

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

Selama ini, peran perempuan dalam politik terkesan hanya sebagai pelengkap. Akibatnya, banyak diantaranya yang akhirnya tidak mendapat tempat dan dukungan lebih ditengah masyarakat.

Pada dasarnya, perempuan dan laki-laki punya peluang dan kesempatan yang sama dalam berpartisipasi di kancah politik. Hanya saja, dukungan dan pendidikan politik terhadap perempuan masih minim.

baca juga: Lomba Sumdarsin, Wako Solok : Ini Untuk Melindungi Masyarakat

"Pendidikan politik perempuan ini sangat strategis untuk memberikan pemahaman masyarakat guna meningkatkan wawasan, kemampuan, kemandirian serta kedewasaan dalam upaya meningkatkan partisipasi politik perempuan ," terangnya.

Dengan masifnya pendidikan politik bagi perempuan di Kota Solok , Wako berharap lebih banyak lagi perempuan yang tampil dan mewarnai proses demokrasi di Kota Solok . Apalagi, agenda pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang kian dekat.

baca juga: Miris, Dua Pelajar SD di Kota Solok Dicabuli Ayah Tiri

"Forum-forum dialog politik memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi perempuan dalam menggunakan hak politiknya dan berpolitik secara santun, cerdas sesuai dengan budaya kearifan lokal," tutupnya.

Pendidikan politik bagi tokoh masyarakat perempuan Kota Solok itu turut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Prov.Sumbar, Dr.Jefrinal Arifin, anggota DPRD Provinsi Sumbar, Hardinalis dan unsur lainnya.

Editor: Syafriadi