Pertandingkan 9 Cabang, Porsadin ke-V Kota Solok Diikuti 1.500 Santri

Pembukaan Porsadin ke-V tingkat Kota Solok di Masjid Agung Al-Muhsinin
Pembukaan Porsadin ke-V tingkat Kota Solok di Masjid Agung Al-Muhsinin (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Lebih kurang 1.500 orang santri Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) se- Kota Solok mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-V di Kota Solok . Porsadin tahun ini dilakukan selama dua hari dari 27-28 November 2021.

Gelaran olahraga bagi santri ini dibuka Wali Kota Solok melalui Staf Ahli, Bujang Putra, Sabtu (27/11/2021) di Masjid Agung Kota Solok . Pembukaan turut dihadiri DPRD, Kabag Kesra Heppy Darmawan, Ketua FKDT Kota Solok , Rahman Tubil serta kepala MDTA Se- Kota Solok .

baca juga: Beraksi di 6 TKP, Pelaku Jambret Dibekuk Tim Polsek Kota Solok

Porsadin ke-V tingkat Kota Solok akan mempertandingkan 9 cabang perlombaan diantaranya tahfidz Qur'an,tilawah Quran, khatil Quran, cerdas cermat diniyah, pidato bahasa indonesia, pidato bahasa Arab, lari sprint 60 Meter, Tenis meja dan Badminton.

Untuk pelaksanaan dilakukan di sejumlah masjid di Kota Solok . Mimbar utama dipusatkan di Masjid Agung Al Muhsinin, kemudian Masjid Al Hidayah kelurahan VI Suku, Masjid Lubuk Sikarah dan Masjid Iqrar Galanggang Tangah Kelurahan IX Korong.

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

Staf ahli Setda Kota Solok , Bujang Putra mengatakan, Porsadin bisa melahirkan generasi bangsa yang sehat, baik, berakhlak mulia dan memiliki kemampuan dibidang keagamaan.

"Kita harapkan kegiatan ini mampu mencetak insan-insan yang berprestasi, baik dibidang ilmu agama juga olahraga dan seni, sehingga mengharumkan nama baik daerah di tingkat Provinsi maupun nasional," ungkapnya.

baca juga: Lomba Sumdarsin, Wako Solok : Ini Untuk Melindungi Masyarakat

Menurutnya, dalam mendukung pengembangan pendidikan keagamaan, Pemerintah Kota Solok melahirkan berbagai program. Salah satunya bantuan studi bagi pelajar berprestasi yang ingin kuliah di timur tengah.

Program itu, katanya, diperuntukkan bagi pelajar Kota Solok yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan keagamaan. Setelah tamat nantinya, diharapakan bisa mengabdi di Kota Solok .

baca juga: Miris, Dua Pelajar SD di Kota Solok Dicabuli Ayah Tiri

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok diwakili Andi Marianto berharap, Porsadin tidak hanya sebatas memperkuat silahturahmi antar madrasah, namun juga media dalam melahirkan santri-santri berprestasi di Kota Solok .

"Selain ilmu agama, santri-santri kita juga harus memiliki kemampuan dan prestasi dalam berbagai bidang, termasuk olahraga dan seni," ungkap politisi Golkar itu.

Dikatakannya, dalam berbagai hadist Nabi Muhammad SAW, berolahraga sangat dianjurkan bagi kaum mukmin karena beragam manfaatnya. Mulai dari olahraga memanah, berkuda hingga renang.

Dirinya bahkan berharap, setidaknya olahraga memanah mendapatkan rekomendasi dari FKDT Pusat untuk masuk kedalam salah satu cabang yang diperlombakan dalam Porsadin ditahun berikutnya.

Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Solok , Rahman Tubil menyampaikan apresiasi terhadap DPRD dan Pemko Solok yang mendukung penuh pelaksanaan Porsadin di Kota Solok .

"Kegiatan ini merupakan wadah meningkatkan prestasi di bidang olah raga dan seni sehingga dapat meningkatkan keunggulan komperatif dan keunggulan kompetitif MDTA," jelas Rahman Tubil.

Porsadin juga merupakan momentum untuk memacu prestasi para santri dan mempersiapkan generasi masa depan yang lebih berkualitas. Tidak hanya unggul di ilmu agama, namun juga berprestasi di olahraga dan seni.

Editor: Syafriadi