Operasi Zebra Singgalang 2021 Kota Solok, Tingkatkan Kepatuhan Masyarakat

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra saat berdiskusi dengan Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra saat berdiskusi dengan Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Operasi Zebra Singgalang 2021 menjadi momentum dalam peningkatan kesadaran masyarakat akan budaya tertib berlalulintas. Selain itu juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan Covid-19.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra saat menghadiri apel pasukan di Mapolres Solok Kota, Senin (15/11/2021). Apel dipimpin langsung Kapolres, AKBP Ferry Suwandi.

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

"Kita berharap, kesadaran masyarakat akan ketertiban dalam berlalulintas bisa meningkat, dan juga semakin peduli dengan pencegahan penyebaran Covid-19," tutur Dhani.

Menurut Dhani, saat ini pemerintah bersama TNI dan Polri terus berupaya dalam percepatan penanganan Covid-19. Selain penggalakan vaksianasi, juga penting upaya pencegahan dengan peningkatan protokol kesehatan.

baca juga: Bahas Jaringan Kelistrikan, PLN Solok Kunjungi Bupati Solok Selatan

"Tentunya, operasi Zebra Singgalang 2021 diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan masyarakat, tidak hanya terkait berkendara, namun juga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

Sebelumnya, Kapolres Solok Kota mengatakan, operasi Zebra Singgalang 2021 akan dilaksanakan selama dua minggu, mulai dari 15-28 November 2021. Selain fokus terhadap pelanggaran lalu lintas, personil juga akan mengedukasikan soal protokol kesehatan.

baca juga: Bangun Perekonomian, Wako Solok Imbau Masyarakat Beli Produk UMKM

Sejumlah pelanggaran lalu lintas menjadi perhatian petugas, diantaranya penggunaan helm yang tidak standar, berkendara dalam keadaan mabuk, pengendara dibawah umur dan pengemudi roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kemudian, pengendara yang menggunakan HP saat berkendara, melawan arus lalu lintas, dan melanggar batas kecapatan kendaraan.

baca juga: Wako Lantik 7 Kepala Dinas di Lingkungan Pemko Solok

"Petugas yang terlibat harus menerapkan protokol Kesehatan pencegahan Covid-19, dan melakukan pendisiplinan terhadap terhadap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan," pesan Kapolres.

Di samaping itu Kapolres selain target tersebut dirinya juga menegaskan bahwa anggota yang terlibat tetap melakukan pendisiplinan Protokol Kesehatan kepada masyarakat agar tidak terjadi peningkatan Kembali penyebaran Covid-19," tuturnya

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan berlalulintas demi kenyamanan dan keselamatan anda," tegas Kapolres.

Editor: Syafriadi