Pramuka Kota Solok Latih Kader Tanggap Bencana

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra meninjau pelaksanaan diklat Pramuka Peduli di Bumi Perkemahan Ampang Kualo
Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra meninjau pelaksanaan diklat Pramuka Peduli di Bumi Perkemahan Ampang Kualo (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Kawartir Cabang Pramuka Kota Solok kembali melakukan pendidikan dan latihan angkatan V satuan tugas Pramuka Peduli. Diklat diikuti perwakilan Pramuka sekolah yang ada di Kota Solok .

Setidaknya 24 perwakilan Pramuka sekolah ini akan dilatih tentang penanggulangan bencana alam, hingga pelestarian lingkungan. Diklat dipusatkan di bumi perkemahan Ampang Kualo selama tiga hari dari 5-7 November 2021.

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

Pramuka Peduli Kota Solok selama ini dikenal cukup aktif dalam setiap bencana, baik di daerah maupun diluar daerah. Baru-baru ini, Pramuka Peduli juga menjadi penggerak dalam bedah rumah warga korban banjir di Kota Solok .

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra menjelaskan, selain mengusung misi sosial kemanusiaan, Pramuka Peduli menjari garda terdepan dalam kemasyarakatan Pramuka di tengah masyarakat.

baca juga: Bahas Jaringan Kelistrikan, PLN Solok Kunjungi Bupati Solok Selatan

" Pramuka peduli adalah etalase utama dalam sebuah kwartir yang langsung turun tangan membantu masyarakat baik pada kerawanan sosial sampai penanggulangan bencana," ungkap Dhani.

Menurut Dhani, memang Kota Solok menjadi salah satu daerah yang cukup rawan bencana, terutama tanah longsor dan banjir. Nyaris setiap tahun, sejumlah titik di Kota Solok selalu digenangi banjir akibat luapan Batang Lembang.

baca juga: Bangun Perekonomian, Wako Solok Imbau Masyarakat Beli Produk UMKM

Untuk itu, katanya, potensi relawan dalam penanggulangan bencana alam dan kerawanan sosial perlu terus dikembangkan. Pramuka Peduli menjadi salah satu potensi yang bisa digerakkan untuk membantu masyarakat.

"Kita perlu menyiapkan potensi yang siap diterjunkan dalam penanganan bencana dan kerawanan sosial. Dengan adanya diklat, maka kapasitas dan pengetahuan kader Pramuka Peduli akan lebih terasah untuk siap menghadapi bencana," paparnya.

baca juga: Wako Lantik 7 Kepala Dinas di Lingkungan Pemko Solok

Pramuka peduli juga wadah bagi pelajar untuk membangun karakter, melatih mental dan semangat generasi muda untuk lebih peka dan peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Editor: Syafriadi