Pemko Solok Fasilitasi Bantuan Studi Kuliah di Timur Tengah

Wako Solok, H. Zul Elfian Umar membuka seleksi dan pembekalan studi timur tengah di Masjid Agung Al-Muhsinin
Wako Solok, H. Zul Elfian Umar membuka seleksi dan pembekalan studi timur tengah di Masjid Agung Al-Muhsinin (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Pemerintah Kota Solok , Sumatra Barat menggagas program bantuan studi kuliah bagi generasi muda yang tertarik untuk menimba ilmu ke berbagai perguruan tinggi di timur tengah.

Program bantuan studi ditujukan bagi pemuda dan santri pondok pesantren yang berasal dari Kota Solok . Dengan pembekalan ini, diharapkan calon mahasiswa akan lebih mudah untuk meraih beasiswa kuliah di timur tengah.

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

Untuk program perdana ini, ditargetkan bantuan pembekalan bagi 25 orang. Penentuan melalui seleksi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solok bersama RuwaqID, lembaga yang bergerak di bidang pendidikan.

Menurut Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar, program fasilitasi kuliah di perguruan tinggi timur tengah tidak terlepas dari keinginan pemerintah daerah untuk mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah .

baca juga: Bahas Jaringan Kelistrikan, PLN Solok Kunjungi Bupati Solok Selatan

"Kita ingin generasi muda Kota Solok menimba ilmu ke timur tengah dan nantinya dibawa ke Kota Solok untuk menghidupkan syiar agama Islam," tutur Zul Elfian saat seleksi di Masjid Agung Al-Muhsinin, Minggu (24/10/2021).

Dikatakannya, kerjasama yang dibangun Pemko Solok dengan RiwaqID tidak terlepas dari komunikasi dan usaha yang dilakukan Wawako Solok. Semangat anak muda untuk membangun agama dan daerah.

baca juga: Bangun Perekonomian, Wako Solok Imbau Masyarakat Beli Produk UMKM

"Kesempatan ini tidak lepas dari komunikasi dan koordinasi bapak Wakil Wali Kota kita dengan pihak RuwaqID, agar pemuda dan santri di Kota Solok berkesempatan kuliah di perguruan tinggi timur tengah," ulasnya.

Seperti diketahui, tambah Zul Elfian, banyak tokoh Minang yang menimba ilmu ke timur tengah untuk memperdalam ilmu agama. Dan para tokoh ini berhasil membawa perubahan terhadap bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

baca juga: Wako Lantik 7 Kepala Dinas di Lingkungan Pemko Solok

Nantinya, generasi muda yang kembali menimba ilmu di timur tengah akan ditempatkan di berbagai masjid di Kota Solok , sehingga khasanah keilmuan Islam semakin berkembang.

"Masjid yang paripurna bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga sarana pembinaan dan pengembangan ekonomi syariah di kota solok untuk menjadikan Solok sebagai kota serambi madinah yang diberkahi," tutup Zul Elfian.

Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra mengatakan, banyak generasi muda Kota Solok yang memiliki keinginan untuk kuliah di timur tengah, namun terkendala dengan kemampuan ekonomi.

"Ini sebagai dasar kita untuk menggagas program ini, dan kita akan dibantu RuwaqID untuk memfasilitasi pemuda yang ingin berkuliah di timur tengah," papar Dhani.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Solok , Heppy Dharmawan menjelaskan, setidaknya ada 31 orang pemuda dan santri yang mendaftar untuk pembekalan kuliah di perguruan tinggi timur tengah.

Nantinya, akan diseleksi menjadi 25 orang dan mengikuti program pembekalan yang akan diberikan oleh RiwaqID. Bagi peserta yang lolos seleksi dan bermukim di Kota Solok , pembekalan dilakukan secara tatap muka di Masjid Agung.

"Bagi yang sedang sekolah di luar Kota Solok , seperti pesantren dan lainnya, pembekalan dilakukan secara daring. InsyaAllah dalam minggu ini atau selambatnya Minggu besok akan dimulai," terangnya.

Bagi santri dan pemuda yang sudah menjalani pembekalan, nantinya akan lebih mudah untuk seleksi masuk perguruan tinggi terkemuka timur tengah.

Editor: Syafriadi