Kota Solok Percontohan Latsar CPNS Metode Blended Learning

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar memberikan motivasi pada peserta Latsar CPNS Kota Solok
Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar memberikan motivasi pada peserta Latsar CPNS Kota Solok (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Kota Solok dipercaya sebagai daerah percontohan penyelenggaraan pelatihan dasar (Latsar) CPNS metode Blended Learning, pelatihan difasilitasi langsung BPSDM Sumatra Barat.

Latsar yang diterapkan pada CPNS angkatan I dan II tahun 2021 di Aula SKB Kota Solok itu, dibuka langsung Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, Rabu (20/10/2021). Turut hadir Kepala BPSDM Provinsi Sumbar, Bustavidia.

baca juga: Beraksi di 6 TKP, Pelaku Jambret Dibekuk Tim Polsek Kota Solok

Dikatakan Zul Elfian, Latsar merupakan tahapan yang harus dilalui oleh setiap CPNS untuk dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan status kepegawaian 100 persen.

Berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS , penyelenggaraannya harus dikemas lebih inovatif dan terintegrasi, dengan memadukan pembelajaran klasikal dan non klasikal melalui metode Blended Learning.

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

"Pelatihan metode ini memungkinkan peserta mampu menginternalisasi, menerapkan, dan mengaktualisasikan serta menjadikan kebiasaan atau habituasi, sehingga terpatri dalam dirinya sebagai karakter PNS yang profesional sesuai bidang tugas masing-masing," jelasnya.

Dikatakannya, pemanfaatan proses pembelajaran Blended Learning adalah sebuah pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan, menghasilkan tugas sebagai pelayan publik dan perekat serta pemersatu bangsa.

baca juga: Lomba Sumdarsin, Wako Solok : Ini Untuk Melindungi Masyarakat

Pelaksana tugas Kepala BKPSDM Kota Solok , Hendaukhtri menjelaskan, dalam latsar kali ini, tahapan klasikal bersifat on campus selama 6 hari. Angkatan I dari 20-25 Oktober 2021 dan angkatan II dari 23-28 Oktober 2021) bertempat di Rusunawa SKB Kota Solok .

Latsar CPNS tahun 2021 diikuti peserta sebanyak 66 orang, yang terdiri dari golongan III sebanyak 49 orang dan golongan II sebanyak 17 orang. Tenaga pelatih berasal dari Widyaiswara serta pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrasi di lingkungan BPSDM Provinsi Sumbar.

baca juga: Miris, Dua Pelajar SD di Kota Solok Dicabuli Ayah Tiri

Editor: Syafriadi