Targetkan Herd Immunity, Pemko Solok Gencarkan Vaksin Covid-19

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memimpin rapat monev vaksinasi Covid-19 di Balaikota Solok
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memimpin rapat monev vaksinasi Covid-19 di Balaikota Solok (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Pemerintah Kota Solok menargetkan penambahan signifikan angka vaksinasi Covid-19 melalui program gebyar vaksin. Untuk menarik animo masyarakat, akan disediakan doorprize setiap kegiatan.

Menurut Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra, pencapaian vaksinasi yang tinggi akan berguna untuk menciptakan Herd Immunity atau kekebalan kelompok di tengah-tengah masyarakat.

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

"Alhamdulillah, angka partisipasi vaksin Covid-19 di Kota Solok cukup menggembirakan," ungkap Dhani saat rapat monitoring dan evaluasi capaian vaksinasi Covid-19, di Aula Bappeda Kota Solok , Senin (11/10/2021).

Monev dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Solok , Efriyon Coneng, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi dan unsur Forkompinda, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah se- Kota Solok .

baca juga: Mengapa Varian Baru Virus Corona Dinamakan Omicron? Ini Penjelasannya

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu ikhtiar dalam menekan penyebaran wabah yang disebabkan virus Corona. Dengan vaksinasi tubuh akan lebih imun terhadap paparan virus.

Memang, ulasnya, masih ada kemungkinan terpapar virus setelah vaksinasi , namun dampaknya tidak akan separah terhadap orang yang belum menjalani vaksinasi .

baca juga: Ini Ketentuan Biaya RT-PCR yang Hasilnya Selesai Lebih Cepat

"Untuk itu, perlu juga kita ingatkan masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan sebagainya," kata Dhani.

Pemerintah Kota Solok juga akan menyiapkan tim vaksinasi mobile untuk melayani masyarakat yang ingin vaksinasi . Saat ini, setidaknya sudah ada 14 tim dari Dinkes yang fokus pelayanan vaksunasi.

baca juga: Strategi Satgas COVID-19 Cegah Masuknya Varian Omicron ke Indonesia

"Terimakasih kepada satgas penanganan Covid-19 Kota Solok , tenaga medis, Forkompinda, dan seluruh pihak yang mendukung percepatan penanggulangan Covid-19, kita berharap dan berdoa pandemi ini segera berlalu," tutupnya.

Editor: Syafriadi