Hadapi Tantangan, PDAM Kota Solok Siapkan Bisnis Plan Lima Tahun

Wako Solok, H. Zul Elfian Umar memberikan motivasi terhadap aparatur PDAM Kota Solok
Wako Solok, H. Zul Elfian Umar memberikan motivasi terhadap aparatur PDAM Kota Solok (Ist)

Bukittinggi, Klikpositif - PDAM Kota Solok melakukan penyusunan dan pembahasan bisnis plan lima tahun. Dokumen ini nantinya menjadi acuan bagi perusahaan daerah untuk pengembangan bisnis dan juga pelayanan terhadap masyarakat.

Penyusunan dokumen dilakukan di Santika Hotel Bukittinggi, Sabtu (9/10/2021). Pembahasan dihadiri langsung Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar, Dewan Pengawas PDAM , Jefrizal, Direktur PDAM , Rabbi Luski. Pembahasan juga melibatkan konsultan.

baca juga: Beraksi di 6 TKP, Pelaku Jambret Dibekuk Tim Polsek Kota Solok

Wako Solok dalam kesempatan itu memberikan apresiasi terhadap PDAM Kota Solok yang terus berkembang dalam beberapa waktu terakhir. Kinerja dan pelayanan PDAM terbilang cukup memuaskan.

" PDAM memiliki peranan sentral dalam kehidupan masyarakat, air yang menjadi kebutuhan pokok harus selalu ada secara berkelanjutan dan kualitasnya harus terjamin untuk kesehatan masyarakat," papar Zul Elfian.

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

Dengan penyusunan dan pembahasan rencana bisnis lima tahun kedepan, diharapkan, PDAM Kota Solok bisa bekerja lebih maksimal dan memiliki tolok ukur serta target yang jelas.

Menurutnya, kerja PDAM terbilang berat. Semakin lama kebutuhan masyarakat akan air semakin meningkat. Penambahan jumlah penduduk, perumahan dan juga perkembangan usaha membutuhkan tambahan layanan air bersih.

baca juga: Lomba Sumdarsin, Wako Solok : Ini Untuk Melindungi Masyarakat

"Untuk itu, perlu disiapkan langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi peningkatan kebutuhan air masyarakat, termasuk penambahan jaringan serta penggalian potensi sumber air bersih," pesan Zul Elfian.

Wako mengingatkan PDAM harus lebih sehat dan siap secara keseluruhan. Mulai dari tata kelola keuangan, iklim organisasi. Perlu sebuah tim yang solid dalam membangun kerja sama tim dan tim yang sama-sama bekerja untuk mencapai tujuan.

baca juga: Miris, Dua Pelajar SD di Kota Solok Dicabuli Ayah Tiri

Editor: Syafriadi