Kanwil Kemenkumham Sumbar Fasilitasi Naskah Akademik Ranperda Trantibum Kota Solok

Kakanwil Kemenkumham Sumbar menyerahkan naskah akademik Ranperda Trantibum Kota Solok
Kakanwil Kemenkumham Sumbar menyerahkan naskah akademik Ranperda Trantibum Kota Solok (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif- Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Barat, R. Andika Prasetya menyerahkan naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah Ketentraman dan Ketertiban Umum Kota Solok , Kamis (7/10/2021).

Penyusunan naskah tersebut merupakan salah satu bentuk fasilitasi oleh Kanwil Kemenkumham Sumbar terhadap evaluasi Peraturan Daerah No 8 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat.

baca juga: Beraksi di 6 TKP, Pelaku Jambret Dibekuk Tim Polsek Kota Solok

"Fasilitasi penyusunan Naskah Akademik ini adalah kelanjutan dari evaluasi Perda Kota Solok No. 8 Tahun 2016 yang juga dibantu dan difasilitasi oleh Kementrian Hukum dan HAM Tahun 2019," ungkap Zul Elfian.

Nantinya, naskah akademik akan dijadikan acuan dalam penyempurnaan Perda nomor 8 tahun 2016. Didalamnya dimuat beragam aturan tentang ketentraman dan ketertiban umum serta penyakit masyarakat.

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

Dijelaskannya, pembentukan Peraturan Daerah merupakan upaya dalam memenuhi dan menyelaraskan perkembangan daerah. Muara dari pembentukan Perda untuk peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan terwujudnya keamanan dan ketertiban umum (Trantibum), maka masyarakat akan nyaman dalam menjalankan usaha, ini sudah menjadi kebutuhan daerah," papar Zul Elfian.

baca juga: Lomba Sumdarsin, Wako Solok : Ini Untuk Melindungi Masyarakat

Sesuai dengan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah beberapa kali terkahir dengan Undang-Undang No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, urusan pemerintah konkuren yang diserahkan ke daerah menjadi dasar pelaksanaan otonomi daerah.

"Semoga dengan adanya penyempurnaan Perda ini akan semakin terwujud keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat serta angka pelanggaran hukum semakin berkurang di Kota Solok ," tutupnya.

baca juga: Miris, Dua Pelajar SD di Kota Solok Dicabuli Ayah Tiri

Editor: Syafriadi