Kodim Pasaman Tugaskan Personel TNI Pantau Lalulintas Selama Natal

Dandim Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramundhito saat Memberikan Arahan
Dandim Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramundhito saat Memberikan Arahan (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Kodim 0305 Pasaman menurunkan 200 orang prajurit untuk pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar).

Dandim 0305 Pasaman , Letkol Arm Cosmas Pramundhito mengatakan dari jumlah tersebut khusus dari Kodim menurunkan prajurit 60 orang, tambah 70 orang dari Koramil yang ada di Pasaman dan 70 orang prajurit yang ada di Koramil Kabupaten Pasaman Barat.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

"Yang perlu diantisipasi adalah jangan sampai terjadi aksi teror kepada gereja yang ada di dua kabupaten tersebut," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

Untuk antisipasi semua persoalan yang mengancam, jelas Dandim pihaknya meningkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait. Kemudian masyarakat diminta proaktif untuk menyampaikan informasi bagi tamu yang tidak dikenal begitu juga keberadaan benda-benda yang mencurigakan.

"Perhatikan lingkungan sekitar, jika ada yang mencurigakan, laporkan pada pihak pengamanan," sebut Cosmas.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

Kemudian, pihaknya juga akan memantau mobilitas masyarakat, apalagi dua kabupaten itu adalah jalur lintas Sumatera. Sebanyak 200 personel itu juga ditugaskan untuk memantau lalulintas dan mobilitas masyarakat yang ada di dua kabupaten tersebut.

"Kita berharap perayaan Natal bisa berjalan dengan lancar,  begitu juga dengan penyambutan tahun baru sehingga warga bisa tentram," tuturnya kemudian.

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

Pelaksanaan misa atau kebaktian Natal di Kabupaten Pasaman dilaksanakan pada 2 gereja di Kecamatan Panti yakni gereja HKBP, dan gereja Katolik. Sementara di Kabupaten Pasaman Barat ada 16 gereja.

[Man St Pambangun]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa