Wako Solok Serahkan Kunci Rumah Pedagang Sayur di IX Korong

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar menyerahkan kunci rumah kepada pasangan totok dan Maizurni
Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar menyerahkan kunci rumah kepada pasangan totok dan Maizurni (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Setelah lebih kurang 20 hari pengerjaan, rumah milik Maizurni dan Totok Darminto akhirnya rampung dikerjakan tim bedah rumah Pramuka Kota Solok .

Sebelum dibedah, rumah pasangan suami istri pedagang sayur itu rusak berat dihantam banjir sejak awal tahun lalu. Bangunan rumah yang waktu itu terbuat dari kayu nyaris hanyut terbawa arus.

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

Setelah dilakukan pembedahan tim Pramuka Kota Solok dan bantuan dari berbagai pihak, rumah milik Maizurni dan Totok telah kokoh dan berbahan utama beton. Bangunan rumah juga ditinggikan agar tidak terendam banjir.

Kunci rumah diserahkan langsung Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar dan Ketua Kwarcab Pramuka , Dr. Ramadhani Kirana Putra, Selasa (5/10/2021). Selain bangunan baru, rumah juga dilengkapi dengan alat rumah tangga.

baca juga: Bahas Jaringan Kelistrikan, PLN Solok Kunjungi Bupati Solok Selatan

Pembangunan rumah yang diprakarsai dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Solok bersama Pramuka merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap kondisi masyarakat yang terdampak parah kibat banjir.

"Terimakasih Dinas Perkim dan Pramuka Kota Solok serta semua pihak yang membantu, sehingga rumah masyarakat kita kembali bisa dihuni dengan nyaman," ungkap Wali Kota Solok disela penyerahan kunci rumah.

baca juga: Bangun Perekonomian, Wako Solok Imbau Masyarakat Beli Produk UMKM

Wali Kot Solok bahkan berharap, kegiatan bedah rumah bisa dilakukan sekali tiga bulan, masih banyak rumah masyarakat yang perlu direhab. Kegiatan bedah rumah akan sangat membantu masyarakat agar huniannya lebih representatif.

Sementara itu, ketua Kwarcab Oramuka Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra menjelaskan, bedah rumah yang dilakukan tidak terlepas dari semangat dan kepedulian semua pihak terhadap kondisi masyarakat yang tertimpa musibah.

baca juga: Wako Lantik 7 Kepala Dinas di Lingkungan Pemko Solok

"Juga bertepatan dengan momentum bulan bakti Pramuka , kita sangat prihatin melihat kondisi rumah seusai terkena banjir. Pramuka bergerak dengan mengumpulkan bumbung kemanusiaan ke gudep yang ada, termasuk berbagai pihak dan pengusaha yang bersedia membantu," tuturnya.

Saat penyerahan kunci oleh Wali Solok, terlihat Totok Darminto dan Maizurni tak bisa menyembunyikan rasa syukurnya. Rumah mereka yang sebelumnya rusak akibat banjir kini sudah berubah menjadi rumah beton yang nyaman.

"Terimakasih kami sekeluarga atas kepedulian pemerintah Kota Solok , Pramuka Kota Solok , masyarakat dan pihak-pihak yang peduli dengan kondisi kami," ungkapnya sembari mengucap syukur.

Editor: Syafriadi