Geliatkan Pariwisata di Masa Pandemi, Masata Audiensi Dengan Wako Solok

Audiensi Wako Solok, H. Zul Elfian dengan Masata dan forum Poldarwis Kota Solok di Balaikota
Audiensi Wako Solok, H. Zul Elfian dengan Masata dan forum Poldarwis Kota Solok di Balaikota (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat Pandemi Covid-19. Kendati demikian, para pelaku pariwisata harus tetap bergerak agar destinasi yang ada tetap dikunjungi wisatawan.

Menurut Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, sektor pariwisata Kota Solok harus kembali bangkit walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19. Destinasi wisata tetap dibuka namun dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan.

baca juga: Wako Lantik 7 Kepala Dinas di Lingkungan Pemko Solok

" Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan penggerak perekonomian masyarakat dan daerah, untuk itu perlu menjadi perhatian bersama agar tetap produktif di masa pandemi," kata Zul Elfian saat audiensi dengan Masyarakat Sadar Pariwisata (Masata) Kota Solok, Senin (4/10/2021).

Para pelaku pariwisata , kata Zul Elfian, harus bersinergi dengan berbagai komponen untuk melahirkan inovasi baru. Peran kelompok sadar wisata di setiap kelurahan harus dimaksimalkan.

baca juga: Pelaku Seni Tradisi Solsel Diberi Pendidikan dan Pelatihan

Tahun 2022, Pariwisata Kota Solok mesti kembali pulih. Untuk itu, perlu persiapan yang matang di semua lini. Pemerintah daerah, sebut Zul Elfian, siap bergandengan tangan dengan para pelaku wisata untuk menggairahkan pariwisata Kota Solok.

"Dalam dua tahun terakhir, kita akui sektor pariwisata kota Solok cukup kewalahan menghadapi situasi pandemi Covid-19, hal itu mengingat masifnya penyebaran Covid-19 dan kebijakan pemerintah dalam penanganannya yang membatasi mobilitas masyarakat," paparnya.

baca juga: Kisah Nofriyon, Qori Terbaik Tilawah Dewasa MTQN Sumbar 2021

Sementara itu, ketua DPC Madara Kota Solok, Diki Asnur mengatakan, Kota Solok betuh sebuah master plan dalam pengembangan pariwisata . Sektor pariwisata kota Solok harus terintegrasi dan memiliki daya tarik yang khas.

"Masata dan forum Pokdarwis kota Solok siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membangun pariwisata , setidaknya, Kota Solok butuh perencanaan pengembangan pariwisata yang terstruktur dan berkelanjutan," paparnya.

baca juga: Ocean Beach Hotel Dibuka, Tawarkan View Indah dari Pantai Padang

Editor: Syafriadi