PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra yang juga alumni memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra yang juga alumni memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Sebanyak 285 mahasiswa baru Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok menjalani Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Minggu (26/9/2021) di Gedung Kubuang Tigobaleh.

Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra didampingi Rektor Prof. Syahro Ali Akbar langsung turun untuk memberikan motivasi kuliah bagi mahasiswa baru untuk menjalani kehidupan kampus.

baca juga: Pemko Solok Fasilitasi Bantuan Studi Kuliah di Timur Tengah

Rektor UMMY Solok, Prof. Syahro Ali Akbar mengatakan, tahun ini jumlah mahasiswa UMMY Solok memang tidak begitu banyak, namun, nyaris separuhnya merupakan penerima bantuan beasiswa.

"Dua Hari lalu, sudah kita serahkan rekening mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah dan bidik misi sebanyak 135 orang," terangnya.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

Bantuan beasiswa yang diberikan oleh Kementrian bagi mahasiswa UMMY merupakan sebuah bentuk perhatian pemerintah dalam menyukseskan pendidikan tinggi di daerah.

Sementara itu, Wawako Solok mengatakan, pengenalan Kehidupan Kampus merupakan titik awal bagi mahasiswa baru untuk menentukan langkah selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

baca juga: Tingkatkan Perekenomian Masyarakat, Pemko Solok Teken MoU Dengan Pegadaian

Mahasiswa, katanya, merupakan kaum intelektual yang harus kritis terhadap kondisi lingkungan, dan masyarakat. Memiliki fungsi agen of change dan sosial kontrol.

Untuk menjalankan fungsi itu, mahasiswa harus memiliki bekal. Dan itu tidak diajarkan melalui bangku kuliah, akan tetapi bisa didapatkan dengan aktif dalam berbagai kegiatan organisasi yang ada di kampus.

baca juga: Ernawati, Kader Posyandu Berprestasi Kota Solok Dinilai Tim Provinsi

"Belajarlah dengan sungguh sungguh, tidak cukup belajar formal saja, butuh juga tambahan ekstrakulikuler, ananda calon orang-orang besar kedepannya, butuh untuk mengupgrade kompetensi diri,"ungkap Wawako.

Menurut Sekretaris IKKA UMMY itu, UMMY telah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pengembangan SDM generasi muda, tidak hanya untuk Solok, namun juga Sumatra Barat dan Indonesia.

"Terimakasih kepada UMMY yang tetap eksis guna mencerdaskan kehidupan bangsa, Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan demi lahirnya SDM unggul untuk memajukan daerah kedepannya," tutupnya.

Editor: Syafriadi