Bupati Pasaman Serahkan Bonus untuk Atlet Berprestasi di Porprov

Penyerahan Atlet Peraih Medali pada Porprov XIV Kontingen Pasaman
Penyerahan Atlet Peraih Medali pada Porprov XIV Kontingen Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman , Yusuf Lubis memberikan bonus bagi atlet yang berprestasi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov ) ke 14 lalu. Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,480 miliar untuk para atlet dan pelatih peraih medali pada ajang tersebut.

Pemberian bonus dilakukan di halaman kantor bupati setempat, Senin 19 Desembet 2016 siang.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Bupati Pasaman , Yusuf Lubis mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan para atlet tersebut, meski peringkat dan perolehan medali menurun, dibanding pada ajang yang sama dua tahun lalu.

"Saya bangga, walaupun Pasaman berada pada posisi ke-15. Kita bangga, karena pemberian bonus tertinggi meski bukan karena prestasi. Kita juga berbangga, seluruh atlet yang kita terjunkan kali ini murni 100 persen putra putri Pasaman ," katanya.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

Setiap pengurus cabang olahraga dan pihak terkait, sebutnya, harus mempersiapkan atlet sejak dini untuk menghadapi pesta olahraga dua tahunan itu pada 2018 mendatang di Kabupaten Padang Pariaman.

"Atlet harus dipersiapkan sedini mungkin, persiapan harus lebih matang lagi. Perbanyak lagi porsi latih tanding untuk meraih prestasi gemilang pada ajang Porprov mendatang. Untuk bonus akan kita tambah jadi Rp3 miliar," sebut Yusuf Lubis.

baca juga: Ini Jumlah Binaragawan yang Dipersiapkan PBFI Padang Untuk Porprov di Sumbar

Untuk mencari bibit atlet terbaik, budaya olahraga harus kembali dihidupkan ditengah-tengah masyarakat. Di setiap kampung, kata dia, harus diselenggarakan kegiatan pertandingan olahraga. 

"Potensi kita banyak. Saat melepas atlet, kita tidak membuat target. Prestasi yang merosot bukan salah atlet, tapi pembinaan yang kurang. Olahraga di Pasaman harus terus ditingkatkan," paparnya kemudian.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

Ia juga menyebutkan, persiapan untuk menghadapi ajang Porprov ke-15 di Kabupaten Padang Pariaman pada 2018 nanti, resmi dimulai hari ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Pasaman , Hendri mengatakan, dari 24 cabang olahraga (Cabor) yang diikuti, kontingen Pasaman meraih 15 emas, 19 perak dan 29 perunggu.

"Ada 16 cabor yang meraih emas, dari 24 cabor yang kita ikuti. Dari 34 cabang olahraga yang dipertandingkan, Pasaman hanya mengikuti 24 cabang saja. Untuk keseluruhan Pasaman berada diposisi ke-15," kata Hendri.

Pemerintah daerah menyiapkan sejumlah bonus untuk atlet peraih medali pada ajang Porprov ke-14 di Padang, kemarin. Bonus itu, bersumber dari anggaran APBD daerah setempat.

Uang tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing atlet, bukan dalam bentuk tunai. Besarannya, Rp50 juta untuk peraih emas, Rp15 juta perak dan Rp10 juta perunggu.

"Tidak saja bagi atlet, para pelatih juga memperoleh pembagian bonus tersebut, yakni Rp8 juta untuk pelatih peraih emas, Rp6 juta perak dan Rp5 juta peraih medali perunggu," katanya.

Pada ajang Porprov ke-14 itu, pihaknya mengutus 438 orang kontingen, terdiri dari 275 atlet, 85 official dan 43 orang Panitia Kerja. Seluruh atlet daerah itu, kata Hendri, diasuransikan selama mengikuti ivent tersebut.

[Man St Pambangun]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa