Diklat Pegawai Disdukcapil, Wawako Solok : Berikan yang Terbaik Pada Masyarakat

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memberikan motivasi terhadap pegawai Disdukcapil
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memberikan motivasi terhadap pegawai Disdukcapil (Prokomp)

Klikpositif - Pelayanan terhadap masyarakat menjadi salah satu ukuran dalam keberhasilan sebuab pemerintahan. Untuk itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mesti berinovasi agar masyarakat terlayani dengan baik.

Hal itu dipesankan Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra saat membuka diklat dan motivasi kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Jum'at (10/9/2021) di Hotel Grand Rocky, Bukittinggi.

baca juga: Pemko Solok Fasilitasi Bantuan Studi Kuliah di Timur Tengah

" Disdukcapil merupakan salah satu OPD yang paling banyak berhubungan dengan masyarakat, untuk itu perlu jadi perhatian bagi semua komponen dalam memberikan pelayanan terbaik, jangan ada masyarakat yang kecewa atau merasa dipersulit," tegasnya.

Dikatakannya, nyaris setiap hari selalu ada masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan, selain untuk kepentingan masyarakat, juga membantu pemerintah dalam menertibkan data kependudukan.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

Setidaknya, kata Dhani, data kependudukan juga akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan, dan menjalankan program pembangunan. Selain itu, juga penting bagi instansi lain seperti KPU dalam penyelenggaraan pemilihan.

"Untuk itu, mari terus bekerja maksimal, semua elemen harus bekerja dari hati terutama yang melayani langsung masyarakat, kerjasama semua lini harus terbangun dengan rapi," pesannya.

baca juga: Tingkatkan Perekenomian Masyarakat, Pemko Solok Teken MoU Dengan Pegadaian

Pelaksanan tugas (Plt) Disdukcapil Kota Solok , Bitel mengatakan, Diklat manajemen dan dipadukan dengan outbond diharapkan memberikan motivasi kerja bagi personil Disdukcapil .

"Pelatihan ini juga berguna untuk mengupgrade dan merubah sistem serta membentuk karakter kerja sesuai dengan keadaan kebutuhan dan perkembangan zaman saat ini," paparnya.

baca juga: Ernawati, Kader Posyandu Berprestasi Kota Solok Dinilai Tim Provinsi

Sebagai garda terdepan, personil Disdukcapil harus terampil dalam memahami karakter seseorang, memiliki kualitas komunikasi, dan mampu bekerjasama dalam tim serta bisa mencari solusi atas persoalan tanpa melanggar aturan.

Editor: Syafriadi