Kabupaten Pasaman Raih Penghargaan Peduli HAM

Wakil Bupati Pasaman saat Menerima Penghargaan dari Menkumham RI
Wakil Bupati Pasaman saat Menerima Penghargaan dari Menkumham RI (Istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Kabupaten Pasaman meraih penghargaan sebagai daerah yang peduli dengan Hak Azazi Manusia (HAM). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Atos Pratama, dan diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly di Graha Rahardi, Surabaya.

"Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor M.MH-38.KP.07.05 tahun 2015 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli HAM tahun 2015. Penghargaan ini merupakan kerja keras masyarakat bersama pemerintah, saya memberikan apresiasiasi yang tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan instansi," kata Atos Pratama.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Penghargaan ini diberikan Kamis 8 Desember 2016 lalu terhadap Kabupaten/Kota berdasarkan implementasi pelayanan dan pemenuhan hak-hak atas perempuan dan anak. Termasuk ikut memantapkan implementasi rencana aksi nasional hak asasi manusia. 

Menurut Atos, Pasaman , satu dari enam Kabupaten/Kota dalam Provinsi di Sumatera Barat yang memperoleh penghargaan tersebut. Penghargaan ini diraih berdasarkan 16 kriteria penilaian antara lain, hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, hak perempuan. 

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

"Namun kita berharap, jangan terlena dengan penghargaan ini, saya minta Kepada Kepala Bagian hukum untuk dapat mengkoordinasikan kegiatan ini lebih baik ke depan sehingga kita dapat mempertahankan prestasi yang telah kita raih ini," sebutnya.

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Pasaman Efka Emi, SH mengatakan hasil ini adalah buah manis dari kerja tim yang telah menunjukkan baktinya yang tinggi dan sungguh-sungguh.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

"Raihan penghargaan Kabupaten Peduli HAM ini, diharapkan menambah motivasi dan memacu semangat kerja keras seluruh elemen masyarakat Pasaman dalam rangka pemenuhan hak bagi masyarakat secara luas," tutur Efka kemudian.

‎[Man St Pambangun]

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa