Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menerima penghargaan KLA kategori Madya secara virtual dari Kementrian PPP-A.
Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menerima penghargaan KLA kategori Madya secara virtual dari Kementrian PPP-A. (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Jalankan sistem pembangunan berbasis anak, Kota Solok kembali dianugerahi sebagai Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan itu disampaikan secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan diterima oleh Wakil Wali Kota Solok , Ramadhani Kirana Putra, Kamis (29/7/2021).

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

Menurut Wawako Solok , predikat Kota Layak Anak menjadi salah satu tolok ukur sebuah daerah dalam memperhatikan, dan memprioritaskan hak-hak anak dalam program pembangunan yang dijalankan.

"Alhamdulillah, Kota Solok menjadi salah satu daerah yang berkomitmen tinggi dalam memperhatikan hak-hak anak secara terencana dan berkelanjutan," tutur Wawako.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Wawako berharap, predikat KLA kategori Madya bisa ditingkatkan lagi di masa mendatang, Kota Solok harus terus berbenah sehingga memang bisa dikatakan sepenuhnya menjadi daerah atau kota ramah anak.

"Mudah-mudahan, tahun berikutnya Kota Solok akan dapat naik ke peringkat Nindya, dan Utama serta akan menjadi Kota Layak Anak secara utuh," tambahnya.

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

Untuk itu, kata Dhani, seluruh elemen dalam lingkungan Pemko Solok dan masyarakat harus mendukung sistem pembangunan yang berpihak pada hak-hak perempuan dan anak-anak.

Fasilitas dan infrastruktur daerah yang dibangun harus juga memperhatikan hak-hak anak, mulai dari hak hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak perlindungan dan hak untuk berpartisipasi.

baca juga: Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

Sementara itu, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, dalam rangka mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing, seluruh pihak harus memenuhi hak dan perlindungan khusus anak.

"Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang berkomitmen tinggi dalam memberikan hak dan perlindungan khusus anak,"bebernya.

Dalam ketegorinya, Kota Layak Anak terdiri dari lima peringkat mulai dari Pratama, Madya, Nindya dan Utama serta Kabupaten/ Kota Layak Anak .

Kota Solok masih berada di kategori Madya yang sudah diraih sejak tahun 2019 silam, setelah naik satu peringkat dari kategori Pratama tahun 2018. Perlu keseriusan semua pihak untuk betul-betul memperhatikan pemenuhan hak anak secara berkelanjutan.

Editor: Syafriadi