Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Usaha ternak kambing yang dikembangkan Hendra Saputra di kawasan Galanggang Batuang, Kota Solok
Usaha ternak kambing yang dikembangkan Hendra Saputra di kawasan Galanggang Batuang, Kota Solok (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Berbekal usaha kambing perah yang dilakoninya, Hendra Saputra, warga Galanggang Batuang dipercaya mewakili Kota Solok dalam pemilihan pemuda pelopor tahun 2021 tingkat Sumatra Barat.

Usaha kambing perah yang dilakoni Hendra bermula dari beberapa ekor kambing pada 2019 lalu. Berkat kegigihannya dan keuletannya, usaha itu akhirnya terus berkembang pesat.

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

"Awalnya hanya beberap ekor saja, dan Alhamdulillah terus berkembang hingga mencapai 70 ekor," ungkap Hendra, Rabu (28/7/2021).

Memang diakuinya, usaha yang dilakukan awalnya tidak begitu mendapat respon dari masyarakat, apalagi kalangan anak muda. Banyak yang beranggapan, beternak kambing tidak memiliki prospek menjanjikan.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Seiring berkembangnya usaha yang dilakukannya, kini peternakan kambing perah Hendra mulai dilirik. Banyak generasi muda yang belajar untuk beternak kambing.

Dari usahanya, selain susu kambing segar, produk yang dihasilkan juga diolah menjadi kue brownies. Produk olahan susu kambing itu cukup diminati masyarakat dan harga jualnya juga lebih tinggi.

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

Keberhasilannya dalam melakukan usaha kambing perah tidak membuat Hendra sinis dengan lingkungan, dirinya kemudian merangkul pemuda putus sekolah untuk melakukan usaha serupa.

Salah satu kendala yang dialami Hendra saat ini yakni soal pemasaran produk yang dihasilkan. Susu segar dan produk olahannya masih dikuasai tengkulak.

baca juga: Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

Disisi lain, Kadispora Kota Solok , Dodi Osmond menjelaskan, pemuda harus tetap produktif dan harus mampu menangkap serta mengembangkan peluang usaha.

"Keberhasilan hendra harus ditularkan kepada para pemuda, perlu dicatat, keberhasilan usaha butuh ketekunan dan kegigihan serta belajar dari siapa saja," tutupnya.

Sebelumnya, Hendra sudah melakukan presentasi terkait usaha dan upayanya menggerakkan peternakan kambing di lingkungannya. Dalam presentasi di Sport Hall Tanjung Paku tersebut, penilai yang diketahui Dewita Murni merasa puas.

Mewakili kota Solok dalam program pemuda pelopor bidang peternakan bukan yang pertama bagi Hendra, beberapa tahun belakangan dirinya kerap mewakili Kota Beras aajang yang sama.

Editor: Syafriadi