Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra menyerahkan bantuan beras PPKM kepada masyarakat penerima bantuan
Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra menyerahkan bantuan beras PPKM kepada masyarakat penerima bantuan (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Tidak dipungkiri, pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap ekonomi bagi masyarakat. Berbagai sektor usaha terganggu, termasuk usaha kecil yang dilakoni masyarakat.

Guna menjaga kestabilan ekonomi masyarakat, terutama saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah kota Solok menyalurkan bantuan berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan beras PPKM.

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

Menurut Wakil Wali Kota Solok , Ramadhani Kirana Putra, masyarakat terdampak ekonomi akibat Covid-19 menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah saat ini, terutama dalam masa PPKM.

"Pelaksanaan PPKM tentunya berdampak pada usaha yang dilakoni masyarakat, untuk itu kita menyalurkan bantuan agar ekonomi masyarakat tidak terlalu tertekan," papar Dhani, Selasa (27/7/2021).

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Terkait pelaksanaan PPKM di Kota Solok , saat ini memang dilakukan perpanjangan dari PPKM Mikro ke PPKM level 3. Sejumlah aturan masih diberlakukan untuk meminimalisir mobilitas dan potensi kerumunan.

Pihaknya meminta masyarakat dan pihak terkait untuk secara serius melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

"Mudah-mudahan, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat, kita berharap pandemi ini cepat berlalu dan perekonomian kembali pulih," harapnya.

Sementara itu, Kepala dinas Sosial Kota Solok , Zulfadli menjelaskan, saat masa PPKM di Kota Solok dilakukan penyaluran bantuan berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Beras.

baca juga: Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

Untuk Bantuan Sosial Tunai, diberikan bagi 4.339 keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian sosial.

"Masing-masing penerima diberikan bantuan berupa uang senilai 300 ribu per bulan. Tahap awal baru diserahkan selama dua bulan, ditambah bantuan beras 10 Kilogram," papar Zulfadli.

Bantuan beras juga diberikan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan. Beras diberikan bagi 1.270 keluarga. Untuk menghindari kerumunan, bantuan diantar oleh petugas dari Dinsos Kota Solok .

Editor: Syafriadi