Informasi Hoaks Vaksin Covid-19, Wawako Solok : Masyarakat Harus Bijak Bermedsos

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra mengajak masyarakat lawan informasi Hoaks soal vaksin Covid-19
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra mengajak masyarakat lawan informasi Hoaks soal vaksin Covid-19 (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Informasi hoaks (bohong) terkait vaksin Covid-19 yang beredar di media sosial mengundang keresahan. Hal tersebut membuat masyarakat merasa was-was untuk mengikuti vaksinasi.

"Munculnya informasi bohong soal vaksin Covid-19 tentu sangat merugikan kita bersama," ungkap Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra saat sosialisasi integrasi Germas menuju Eliminasi Malaria dan Kegiatan Vaksinasi Covid-19, kamis (22/07).

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

Dikatakannya, selain menimbulkan keresahan, hoaks juga bisa mengganggu proses vaksinasi yang bisa saja menjadi salah satu cara untuk mengakhiri pandemi covid-19 yang memang sudah sangat mengekang masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diminta agar lebih bijak dan cerdas dalam bermedia sosial. Beragam informasi yang beredar harus disaring secara ketat, berasal dari sumber yang terpercaya, kemudian baru di share atau bagikan.

baca juga: Aksi Nyata Kadin Indonesia Bantu Pemerintah Perangi Covid-19

"Banyak sekali misinformasi dan disinformasi mengenai vaksin Covid-19 dan itu mempengaruhi opini masyarakat, kami mengimbau masyarakat agar selalu merujuk informasi ke sumber terpercaya terkait vaksin Covid-19 ini," paparnya.

Ramadhani berharap, vaksinasi Covid-19 bisa dilaksanakan secara bersama-sama dimulai dengan partisipasi seluruh masyarakat, jangan sampai ada sasaran vaksin yang menolak demi keselamatan bersama.

baca juga: Hari Ini 2 Mahasiswi dan Seorang Petani Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar

"Kami berharap, semua lini dapat ikut memberikan sosialisasi dan edukasi terhadap pelaksanaan vaksinasi dan juga protokol kesehatan, yang belum segera vaksin dan yang selesai tetap terpakan prokes secara ketat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok H. Nurnisma mengatakan, perilaku hidup sehat dan bersih sangat membantu masyarakat terhindar dari beragam penyakit menular seperti Covid-19 dan malaria.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

"Dengan sosialisasi yang dilakukan oleh ahli dan pakar, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit menular," tutupnya.

Anggota Komisi IX DPR RI, H. Darul Siska dalam pemaparannya menjelaskan, setiap penyakit menular seperti Covid-19 dan malaria membutuhkan perubahan atau implementasi dari protokol kesehatan.

"Mari ikuti vaksinasi Covid-19 dan jangan termakan hoaks , masyarakat yang telah divaksin dan terpapar Covid-19, penyembuhannya akan lebih cepat, berbeda dengan yang tidak divaksin," tutupnya.

Editor: Syafriadi