Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Sekda Kota Solok, Syaiful Rustam saat menjalani vaksinasi Covid-19
Sekda Kota Solok, Syaiful Rustam saat menjalani vaksinasi Covid-19 (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Kota Solok , Syaiful Rustam menjalani vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan bagi seluruh Pegawai dilingkungan Sekretariat Daerah, Selasa (22/6/2021).

Vaksinasi bagi ASN lingkup Pemerintah Kota Solok telah dijadwalkan disetiap Organisasi Perangkat Daerah agar memudahkan vaksinasi dan menghindari kerumunan.

baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 1,3 Triliun untuk Pengolahan Limbah Medis

Usai divaksin, Sekda mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu upaya penting yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Dengan vaksinasi akan merangsang imunitas tubuh terhadap virus Corona.

"Vaksinasi merupakan upaya melindungi kita semua dari ancaman virus Corona, untuk itu, mari sukseskan vaksinasi yang dilakukan untuk terwujudnya Herd Immunity atau kekebalan kelompok," paparnya.

baca juga: Hari Ini 5 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 59 Orang

Pemberian vaksin yang dilakukan tidak serta merta begitu saja, namun terlebih dahulu dilakukan screening terhadap kondisi kesehatan calon penerima vaksin untuk menghindari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Memang diakui oleh Syaiful, hingga saat ini capaian pelaksanaan vaksin di lingkungan ASN Kota Solok baru mencapai angka 50 persen. Untuk itu akan dilakukan upaya maksimal untuk meningkatkan capaian vaksinasi.

baca juga: Angka Kematian Akibat COVID-19 di RSUP M Djamil Meningkat 300 Persen Pada Trisemester Kedua 2021

"Kita sudah petakan, di kalangan ASN memang baru 50 persen dan sudah kita petakan. Selain vaksinasi di lingkungan ASN nantinya juga akan masuk upaya vaksinasi di lingkungan masyarakat," paparnya.

Pihaknya menghimbau seluruh komponen untuk betul-betul peduli dan membantu upaya penanganan Covid-19 di Kota Solok . Penanganan Covid-19 tidak cukup dilakukan oleh pemerintah dan stakeholder terkait saja, namun perlu dukungan masyarakat.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

"Yang belum menjalani vaksinasi Covid-19 tentu akan sangat rentan terpapar dan terdampak terhadap serangan virus Corona, sangat rugi bila enggan untuk menerima vaksin yang diberikan pemerintah secara gratis," tutupnya.

Kendati sudah menerima vaksin, ASN dan masyarakat diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara maksimal dengan penerapan 5 M dalam setiap aktivitas, terutama saat berada diluar rumah dan lingkungan kerja.

Editor: Syafriadi