Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

Petugas melakukan uji pangan
Petugas melakukan uji pangan (Ist)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Menjamin keamanan pangan bagi masyarakat yang berbelanja di Pasar Raya Solok, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pangan menyediakan layanan pojok uji keamanan Pangan.

Layanan uji keamanan pangan disediakan dua bulan sekali, yakni pada setiap hari Kamis pada minggu pertama dan Minggu ketiga, mulai jam 09.00 s/d 12.00 WIB, layanan dipusatkan di ruangan Tera Pasar Raya Solok.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Kepala Dinas Pangan Kota Solok , Ir. Kusnadi mengatakan, layanan tersebut bertujuan untuk memastikan bahan pangan yang dibeli masyarakat terbebas dari berbagai kandungan berbahaya, terutama bahan kimia.

"Nanti akan dilakukan pengecekan terhadap kandungan residu pestisida terhadap sayuran dan buah serta bahan pengawet berbahaya yang biasa ditemukan pada ikan dan daging," katanya, Kamis (17/6/2021).

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Masyarakat yang ingin mengetahui kualitas belanjaannya bisa melakukan uji terhadap pangan yang dibeli, secara gratis. Pengujian dilakukan secara cepat dengan menggunakan Rapid test kit.

"Hasilnya dapat ditunggu 5 hingga 10 menit. Jadi masyarakat tidak lagi was-was terhadap bahan belanjaannya, jika ditemukan ada indikasi residu kimia, juga nanti akan dituntun untuk penanganannya sehingga aman konsumsi," paparnya.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

Kegiatan Pojok Uji Keamanan Pangan pada minggu pertama dilaksanakan untuk pengujian sayur dan buah, sementara pada Minggu ketiga dikhususkan untuk pengujian ikan.

Selain itu, petugas Pojok Uji juga akan melakukan pengambilan sampel ikan di beberapa titik pedagang secara berkala. Sampel yang positif residu pestisida atau penggunaan bahan kimia berbahaya akan dilakukan penanganan lebih lanjut.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

"Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No.18 Tahun 2012 tentang Pangan, dimana Pemerintah berkewajiban menjamin penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan secara terpadu," paparnya.

Selain media kontrol pangan, Pojok Uji juga menjadi sarana konsultasi dan edukasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui berbagai informasi soal keamanan pangan.

Seperti diketahui, penggunaan bahan pestisida dan bahan kimia lainnya terhadap bahan pangan kerap ditemukan. Susah menjadi hal yang lazim di pertanian Solok penggunaan bahan kimia.

Residu bahan kimia yang terbawa dalam makanan akan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Disisi lain, sudah saatnya pemerintah mendorong masyarakat untuk menerapkan pertanian organik.

Editor: Syafriadi