Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Wawako Solok dan rombongan menerima tim penilai kelurahan di Balaikota Solok
Wawako Solok dan rombongan menerima tim penilai kelurahan di Balaikota Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan mewakili Kota Solok dalam pemilihan kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.

Dalam penilaian tersebut, tim provinsi Sumbar langsung turun melakukan verifikasi ke kelurahan, Kamis (17/6/2021). Tim yang diketuai Azwar disambut Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Asisten II Sekda Kota Solok Jefrizal mengatakan, penilaian kelurahan berprestasi menjadi makna tersendiri ditengah upaya meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat kelurahan.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Solok secara kontinyu melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kelurahan. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

"Kelurahan berprestasi pada dasarnya dimaksudkan untuk menguatkan partisipasi serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan kelurahan, yang tandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat," paparnya.

Keberhasilan yang diraih Kelurahan Tanjung Paku dalam penilaian kelurahan tingkat Kota Solok , merupakan wujud keberhasilan pemerintahan kelurahan beserta warga masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

"Pembangunan, sarana dan prasarana baik sarana kelurahan, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi di kelurahan menjadi prioritas dalam pembangunan kelurahan," paparnya.

Dijelaskannya, ada beberapa indikator penting dari Kelurahan Tanjung Paku, sehingga layak untuk meraih predikat terbaik dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat kota, terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di kelurahan.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan dan lembaga kemasyarakatan. Semuanya berjalan dengan baik.

"Berdasarkan hal tersebut, tidaklah berlebihan apabila pada saatnya nanti kami berharap, Kelurahan Tanjung Paku mendapatkan predikat terbaik dalam Penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021," tutup Jefrizal.

Usai ekspos tersebut, tim penilai provinsi dan rombongan Wawako Solok melakukan peninjauan langsung ke kantor lurah Tanjung Paku.

Editor: Syafriadi