Wako Solok : Koperasi Kekuatan Ekonomi Ditengah Pandemi

Wako Solok, H. Zul Elfian membuka pelatihan peningkatan kualitas kelembagaan koperasi
Wako Solok, H. Zul Elfian membuka pelatihan peningkatan kualitas kelembagaan koperasi (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengajak seluruh koperasi yang ada di kota solok untuk berperan aktif mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama dalam masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang melanda daerah.

Menurut Wako Solok , koperasi memiliki peran besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Apalagi, koperasi sudah terbukti mampu menjadi kekuatan ekonomi, terutama saat masa sulit.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

" Koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh apabila memiliki organisasi, manajemen, pengelolaan keuangan dan usaha yang sehat serta mandiri," ungkap Zul Elfian saat pelatihan penguatan kelembagaan koperasi , Rabu (16/6/2021).

Penguatan kapasitas kelembagaan koperasi merupakan salah satu upaya nyata untuk meningkatkan penataan, pengontrolan dan pengendalian pencatatan laporan keuangan yang mengacu pada anggaran dasar, anggaran rumah tangga, SOP dan peraturan khusus.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Wako berharap, dengan adanya penguatan kelembagaan koperasi , akan membawa dampak dalam kemajuan koperasi di Kota Solok dan membawa pengaruh besar dalam mendorong kemajuan ekonomi.

Salah satu kunci utama dalam membangun koperasi , kata Zul Elfian, yakni soal administrasi keuangan yang tertib dan terarah, sesuai dengan aturan akuntansi koperasi yang ada.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

"Dengan adanya manajemen pengelolaan administrasi yang dilakukan dengan baik, maka peningkatan dan pengembangan keberadaan koperasi akan mudah untuk dicapai," paparnya.

Ditegaskannya, Pemerintah Kota Solok sangat mendukung bangkitnya koperasi sehingga mampu menjadi tulang punggung dalam menggerakkan perekonomian daerah.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

"Harapan kita bersama, bagaimana koperasi yang ada di Kota Solok membawa manfaat seluas-luasnya bagi kesejahteraan anggota dan masyarakat secara umum," tutup Wako Solok .

Editor: Syafriadi