Evaluasi KLA, Wako Solok : Pemenuhan Hak Anak Jadi Prioritas Dalam Pembangunan

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian menyampaikan ekspos terkait upaya mewujudkan Kota Layak Anak
Wali Kota Solok, H. Zul Elfian menyampaikan ekspos terkait upaya mewujudkan Kota Layak Anak (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Anak-anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia serta sebuah bangsa dan negara. Kalangan anak-anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosialnya.

Hal tersebut disadari betul Pemerintah Kota Solok , Sumatra Barat. Daerah berjuluk Kota Beras Serambi Madinah itu terus berupaya mewujudkan diri sebagai Kota Layak Anak . Sejumlah langkah percepatan sudah dilakukan.

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

"Dalam upaya percepatan terwujudnya Kota Layak Anak , Kota Solok telah berkomitmen dan melakukan deklarasi pada pertengahan September 2016," ungkap Wali Kota Solok , H. Zul Elfian saat Verifikasi Lapangan Hybrid Kota Layak Anak , Kamis (10/6/2021).

Verifikasi dilakukan langsung Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak secara virtual melalui video conference, dan diikuti oleh anggota DPRD Kota Solok , Kepala Bappeda, Kadis DP3A, Ketua PKK, Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, Forum Anak, Kepala OPD terkait dan Organisasi Sosial dan stakeholder layak anak.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Menurut Wako Solok, deklarasi menuju Kota Layak Anak (KLA) yang bertepatan pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Solok 2016 silam, menjadi bukti kepedulian seluruh pihak dalam pemenuhan hak-hak anak.

Dalam menyusun program pembangunan dan kegiatan, terutama di OPD terkait, proses perencanaan dan pelaksana berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak. Konsep itu menjadi acuan bagi Pemko Solok dalam menjalankan pembangunan.

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

"Tentu kita juga berharap, dengan upaya yang dilakukan menjadikan Kota Solok sebagai daerah yang ramah terhadap anak sehingga lahir generasi-generasi unggul yang akan menjadi penerus kedepannya," paparnya.

Wako juga berharap, dengan terselenggaranya kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid tersebut dapat memberikan manfaat yang besar dan memotivasi semua pihak untuk memastikan hak-hak anak dapat terpenuhi di Kota Solok .

baca juga: Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

"Semoga ini juga menjadi acuan dalam membangun komitmen bagi para pembuat kebijakan dalam menyusun program, sehingga kedepannya dapat mewujudkan Kota Solok menuju Kota Layak Anak ." tutup Wako.

Editor: Syafriadi