Akhir Pekan, Terkonfirmasi 17 Kasus Baru Covid-19 di Kota Solok

Ilustrasi tes swab
Ilustrasi tes swab (Klikpositif)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Sebanyak 17 warga Kota a Solok terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Minggu (6/6/2021). Tujuh orang diantaranu tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penambahan kasus baru itu, berdasarkan hasil tes swab yang dikeluarkan oleh laboratorium Fakultas Kedokteran Unand terhadap sampel yang dikirimkan posko Banda Panduang, Kota Solok .

baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 1,3 Triliun untuk Pengolahan Limbah Medis

"Seluruh pasien baru Covid-19 yang terkonfirmasi menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," ungkap Sekretaris tim penanganan Covid-19 Kota Solok , Syaiful Rustam.

Dari hasil tracing yang dilakukan tim surveilans, enam ASN yang terkonfirmasi diantaranya RA (37), ASN RSUD M Natsir warga Kelurahan Simpang Rumbio. Kemudian MR (38) ASN Dinas Sosial, warga Kelurahan Simpang Rumbio.

baca juga: Hari Ini 5 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 59 Orang

Selanjutnya, AF (37) ASN KPU Kota Solok , warga Kelurahan Laing, ES (56) ASN Balitro, warga Kelurahan Laing dan S (54) ASN Balitro yang juga tercatat sebagai warga Kelurahan Laing, serta G (59) ASN Disdik provinsi, warga Kelurahan simpang Rumbio.

"Beberapa orang pasien merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, dan sebagian lagi mengeluhkan gejala seperti demam, kehilangan kemampuan penciuman dan demam," terangnya.

baca juga: Angka Kematian Akibat COVID-19 di RSUP M Djamil Meningkat 300 Persen Pada Trisemester Kedua 2021

Melihat perkembangan kasus terkonfirmasi beberapa waktu belakangan, tim satgas penanganan Covid-19 Kota Solok mengingatkan potensi penyebaran pada klaster perkantoran, dan juga keluarga serta sekolah atau kampus.

Menurutnya, salah satu upaya terbaik yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan terutama saat berada diluar lingkungan rumah dan perkantoran.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Hingga kini, jumlah kasus Covid-19 di Kota Solok terus menunjukkan grafik peningkatan. Total kasus yang tercatat sebanyak 1.213 orang dengan kasus meninggal dunia sebanyak 28 orang.

"Saat ini, ada lima orang yang menjalani isolasi di RST Kota Solok , empat orang di RSUD Mohammad Natsir, satu orang di RSUP M. Djamil Padang dan isolasi mandiri 86 orang," tutupnya.

Editor: Syafriadi