Jelang Idul Fitri, Dua orang Pasien Covid-19 Kota Solok Meninggal Dunia

Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Ist)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Kabar duka Covid-19 datang dari kota Solok, Sumatra Barat. Dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, sebanyak 2 orang pasien terkonfirmasi meninggal dunia.

Penambahan kasus pasien meninggal dunia itu baru diketahui pada Rabu (12/5/2021) setelah keluarnya hasil periksaan atas sampel yang dikirimkan RSUD M. Natsir dan RST Solok ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas.

baca juga: Nagari Boleh Alokasikan Dana Desa untuk Penanganan Covid, Ini Besarannya

"Hasil pemeriksaan yang kita terima, ada 4 orang tambahan pasien baru Covid-19, namun sehari sebelumnya dua orang sudah dinyatakan meninggal dunia," papar sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam.

Informasi yang dihimpun, pasien meninggal yakni berinisial MMM (103), merupakan pensiunan warga kelurahan Tanah Garam. Yang bersangkutan diketahui demam dan nyeri sendi serta komorbid hipertensi.

baca juga: Divonis 4 Tahun Penjara Terkait Kasus Swab Test, Habib Rizieq: Ada 2 Hal yang Tidak Bisa Diterima

"Pasien ini diambil sampel swabnya pada 11 Mei 2021 kemarin, namun kabar dukanya beliau meninggal di hari yang sama," papar Sekretaris daerah kota Solok itu.

Kemudian, pasien meninggal lainnya yakni M (64) warga Kelurahan Tanah Garam. Yang bersangkutan mengalami penurunan nafsu makan dan memiliki komorbid diabetes. Tanggal 11 Mei diambil sampel swabnya namun meninggal hari itu juga sebelum hasil swab keluar.

baca juga: KAI Sediakan Pemeriksaan GeNose 19 di 65 Stasiun

Selain kasus meninggal dunia yang bertambah, juga terdapat penambahan dua kasus positif di hari yang sama, yakni YS (49) warga kelurahan VI Suku dan LA (29), karyawan TVRI Padang, warga kelurahan Tanah Garam.

Dengan tambahan perkembangan tersebut, tercatat total kasus positif Covid-19 di kota Solok sebanyak 1.049 orang dan kasu meninggal bertambah dari 18 orang menjadi 20 orang.

baca juga: Hari Ini 12 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Polsek Sungayang Gelar Vaksinasi

Sementara itu, pasien yang sudah dinyatakan sembuh berjumlah 956 orang, pasien dirawat di rumah sakit sebanyak 2 orang di RST dan menjalani isolasi mandiri sebanyak 71 orang.

"Perkembangan kasus Covid-19 di kota Solok kian mengkhawatirkan, kami minta masyarakat untuk betul-betul peduli dan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan membiasakan mencuci tangan. Mari putus penyebaran Covid-19," ajaknya.

Editor: Syafriadi