Gelar Musrenbang, Pemko Solok Susun RPJMD 2021-2026

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra membuka Musrenbang RPJMD 2021-2026
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra membuka Musrenbang RPJMD 2021-2026 (Prokomp)


Solok kota, KLIKPOSITIF - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 merupakan bagian penting dalam menjalankan pembangunan di Kota Solok .

RPJMD adalah penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah selama lima tahun yang akan datang.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

"RPJMD dijabarkan kedalam dokumen rencana strategis perangkat daerah (Renstra PD) berlaku 5 (lima) tahunan dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) berlaku satu tahun," jelas Wawako Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra saat membuka Musrenbang RPJMD Kota Solok 2021-2026 di gedung Kubuang Tigo Baleh, Senin (10/5/2021).

Mengingat pentingnya RPJMD, Wawako Solok meminta kepala OPD untuk terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaannya, sehingga program yang disusun nantinya benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi-misi kepala daerah dengan indikator kinerja yang terukur.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Dalam visi misi Kota Solok Tahun 2021-2026 secara jelas dituangkan, terwujudnya kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang modern.

Lebih lanjut dikatakan Wawako, dinamika pembangunan daerah yang terus berubah menjadi tantangan pembangunan daerah. Pertumbuhan ekonomi daerah yang cenderung melambat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta perbaikan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur perlu jadi perhatian.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Selain itu, penataan kota dan peningkatan nilai-nilai keagamaan juga menjadi prioritas bagi Pemko Solok . Hal tersebut menjadi fokus dalam perencanaan pembangunan lima tahun ke depan yang dituangkan dalam visi dan misi Kota Solok Tahun 2021-2026 .

Dipaparkannya, Kota Solok yang Diberkahi adalah kota yang masyarakatnya mengimplementasikan pengamalan syariat agama dalam semua tatanan kehidupan masyarakat.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Kota Solok yang maju adalah Kota yang memiliki Kondisi infrastruktur kota dan fasilitas publik yang lebih baik dalam menunjang percepatan pertumbuhan perdagangan dan jasa.

Kemudian, Kota Solok yang sejahtera adalah Peningkatan standar hidup masyarakat yang makmur ditandai dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat.

"Visi besar tersebut akan dirumuskan secara lengkap dan sistematis dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Solok Tahun 2021-2026 . Tentunya, semua rumusan dan langkah strategis di atas perlu ditopang oleh kerjasama seluruh pemangku kepentingan," tutupnya.

Editor: Syafriadi