Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Setelah sempat melandai pada hari sebelumnya, kasus infeksi harian Covid-19 kota Solok Sumatra Barat kembali naik. Sepanjang Minggu (9/5/2021), tercatat penambahan 13 kasus baru.

Kendati demikian, sepanjang hari yang sama juga dilaporkan penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 3 orang. Secara umum, penyebaran kasus Covid-19 di kota Solok masih sangat fluktuatif.

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

Dari data yang diperoleh Klikpositif, penambahan kasus baru berasal dari berbagai klaster, mulai dari klaster sekolah atau kampus, keluarga hingga klaster perkantoran.

Secara otomatis, total kasus positif Covid-19 di kota menanjak naik menjadi 1.029 orang dihitung sejak awal masuknya wabah Corona ke kota Solok. Namun seiring dengan itu, jumlah pasien sembuh juga naik menjadi 942 orang.

baca juga: Mengapa Varian Baru Virus Corona Dinamakan Omicron? Ini Penjelasannya

"Selebihnya dirawat di dua rumah sakit sebanyak 5 orang, kemudian isolasi mandiri sebanyak 64 orang dan kasus meninggal masih tetap 18," terang juru bicara tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam.

Selain proses vaksinasi yang dilakukan pemerintah, kata Syaiful, salah satu upaya yang sangat menentukan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19 dengan kesadaran menerapkan protokol kesehatan.

baca juga: Ini Ketentuan Biaya RT-PCR yang Hasilnya Selesai Lebih Cepat

"Mari saling ingatkan dan jangan takut menegur orang lain (dengan cara yang santun) jika orang lain tersebut melanggar protokol kesehatan," ajak Sekda Kota Solok itu.

Upaya masif pencegahan penyebaran Covid-19, paparnya, harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Kalau keluarga telah terjaga, tentu masyarakat terjaga dan nantinya mencakup lingkungan yang lebih luas.

baca juga: Strategi Satgas COVID-19 Cegah Masuknya Varian Omicron ke Indonesia

"Mari tetap bersabar pakai masker, sabar mencuci tangan setiap saat, sabar untuk tidak berkumpul, sabar untuk lebih banyak di rumah, sabar setiap pulang ke rumah dari aktifitas luar agar segera mandi dan ganti baju," imbuhnya.

Editor: Syafriadi