Seribu Lebih Tenaga Kerja Non PNS Kota Solok Ikut Kepesertaan BP Jamsostek

Wako Solok, H. Zul Elfian menyerahkan Santunan Beasiswa dari BP Jamsostek kepada penerima
Wako Solok, H. Zul Elfian menyerahkan Santunan Beasiswa dari BP Jamsostek kepada penerima (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Sebanyak 1.225 tenaga kerja Non PNS Kota Solok Sumatera Barat didaftarkan dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Kota Solok .

Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala Kantor Cabang Solok BPJS Ketenagakerjaan, disaksikan oleh Wako Solok , H. Zul Elfian, Jumat (7/5/2021).

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengatakan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen penting dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Dengan terjaminnya perlindungan para pekerja dalam hal ini non PNS di lingkungan Pemko Solok, produktivitas meningkat, sehingga perekonomian dapat segera pulih, dan keluarganya juga sejahtera.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Dijelaskannya, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 terkait Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) menjadi kabar baik bagi kalangan pekerja.

Wako berharap, dengan adanya Inpres Nomor 2 Tahun 2021, dapat memberikan jaminan sosial, sehingga ekosistem kerja di lingkungan Pemko Solok dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok, Ferama Putri menjelaskan, masih ada 8 OPD di lingkungan Pemko Solok yang belum terdaftar dalam kepesertaan BP Jamsostek.

Diantaranya, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Pihaknya berharap, Pemko Solok dapat memfasilitasi untuk segera mendaftarkan tenaga kerja Non PNS yang belum terdaftar dalam BP Jamsostek untuk perlindungan sosial.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan JKM a.n Feni Fitri Yani Tenaga Pendidik PAUD Dinas Pendidikan Kota Solok senilai Rp 42.000.000,- Rupiah dan Santunan Beasiswa estimasi hingga kuliah a.n Erizon senilai Rp. 81 juta Rupiah.

Editor: Syafriadi