Tutup Pesantren Ramadan SMAN 2 Kota Solok, Wawako Tekankan Pentingnya Ilmu Agama

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menutup Pesantren Ramadan SMAN 2 Kota Solok
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menutup Pesantren Ramadan SMAN 2 Kota Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Selain memiliki kemampuan akademis yang mumpuni, pelajar kota Solok juga dituntut untuk memiliki pemahaman keagamaan yang kuat dan akhlak yang mulia.

Hal itu, menurut Wakil Wali Kota Solok merupakan hal yang sangat penting, apalah ditengah zaman yang penuh dengan berbagai tantangan. Ancaman pergaulan bebas dan kenakalan remaja mesti diantisipasi sejak dini.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

"Salah satu langkah antisipasinya dengan memperkuat pemahaman agama generasi muda kita," ungkap Dr. Ramadhani Kirana Putra saat menutup pesantren Ramadan SMAN 2 kota Solok, Kamis (6/5/2021).

Dihadapan guru dan siswa, Dhani mengatakan, pelajar kota Solok boleh bangga dengan menguasai berbagai bahasa asing, memang itu sangat dibutuhkan, akan tetapi jangan sampai lupa membaca Al Quran.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Ditekankannya, bisa memahami isi dari Al-Qur'an itu merupakan kunci dari segala kebanggaan di dunia, karena tanpa bisa membaca Al-Qur'an dan memahami isinya hidup di dunia tidak mempunyai arti.

"Al-Quran adalah pedoman hidup yang lengkap karena mengandung banyak hikmah, sejarah, aturan hukum dan moral. Selain itu, Al-Qur'an juga mengandung ilmu pengetahuan sebagai pedoman, motivasi, dan patokan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang muslim," paparnya.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Untuk itu, katanya, pengajaran dan kegiatan tentang penguatan ilmu agama sangat penting ditekankan terutama di sekolah umum. Generasi muda kota Solok jangan sampai yang yang tak pandai membaca Al Quran.

Salah satunya melalui media pesantren Ramadan yang dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan positif tersebut tentu sangat perlu dipertahankan dan dijadikan sebagai agenda tahunan.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

"Tentunya, diluar agenda Pesantren Ramadan perlu juga disemarakkan kegiatan keagamaan di sekolah-sekolah di kota Solok, sehingga julukan Kota Beras Serambi Madinah memang betul betul tercermin dari kehidupan masyarakat," tutupnya.

Editor: Syafriadi