Tambah 15 Orang, Kasus Covid-19 di Kota Solok Nyaris Capai Seribu Orang

Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Ist)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Sebanyak 15 orang warga kota Solok kembali dinyatakan positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Minggu (2/5/2021). Tambahan kasus itu berdasarkan laporan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Tambahan Pasien Covid-19 tersebut berasal dari beragam latar belakang, mulai dari Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemko Solok , Pelajar, perawat, dosen, anggota Polri hingga Mahasiswa.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Data Dinas kesehatan kota Solok, hingga kini kasus Covid-19 di kota Solok sudah mencapai 997 orang dengan rincian, 877 orang sudah dinyatakan sembuh, dirawat di rumah sakit 8 orang, isolasi mandiri 94 orang dan meninggal dunia 18 orang.

Dalam beberapa waktu terakhir, tambahan kasus infeksi harian Covid-19 di kota Solok terbilang cukup tinggi. Tambahan kasus berasal dari berbagai klaster, mulai dari klaster sekolah, klaster keluarga dan klaster perkantoran.

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

Untuk itu, katanya, Pemerintah Kota Solok dan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kembali mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bahkan menyikapi kondisi saat ini, beberapa waktu lalu Pemko Solok kembali mengeluarkan surat edaran nomor 400/104/Kesra-2021 tentang peningkatan pelaksanaan protokol kesehatan selama bulan Suci Ramadan.

baca juga: Hari Ini 72 Orang Positif COVID-19 di Tanah Datar, 30 Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

Dalam surat edaran itu, pemerintah daerah meminta Masjid dan Musala untuk mengingatkan jemaah untuk memakai masker, memastikan fasilitas protokol kesehatan terlengkapi.

"Kita juga razia yustisi terhadap pelaksanaan Perda nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, terutama penggunaan masker saat berada di luar lingkungan rumah," paparnya.

baca juga: SE Gubernur Sumbar: Objek Wisata di Zona Kuning Boleh Dibuka Saat Libur Lebaran

Selain itu, paparnya, masyarakat juga diminta senantiasa menjaga imunitas/daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta ikuti anjuran pemerintah.

"Mari senantiasa berdoa untuk saudara-saudara kita pasien terkonfirmasi positif agar segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT," tutupnya.

Editor: Syafriadi