Wabup Pasaman : Alokasikan Dana Desa Untuk Kegiatan Seni dan Budaya

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama pada Acara BBGRM 13
Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama pada Acara BBGRM 13 (Istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama meminta agar walinagari di daerah itu mengalokasikan sejumlah dana dana desa untuk peningkatan kesenian tradisional sebagai bagian dari pelestarian adat, budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat. 

"Kepada seluruh walinagari, hal ini sudah saya sampaikan. Bahkan, pihak Kementerian PDT juga sudah kasih lampu hijau, dana desa boleh dialokasikan untuk peningkatan budaya dan kesenian tradisional," katanya.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Hal itu menurutnya masuk dalam program pembangunan yang terencana dan berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penguatan integrasi sosial serta pemeliharaan hasil pembangunan.

"Itu kata kunci yang harus kita pegang dalam menghayati pelaksanaan BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat). Sebab, konsep itu yang melandasi masyarakat kita senantiasa hidup rukun bersama-sama," tutur Atos.

baca juga: BLT Desa Harus Dioptimalkan Untuk Redam Angka Kemiskinan

Ia menyebutkan pencanangan BBGRM ke-13 ini menjadi momentum untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan semua elemen untuk bersama-sama membangun nagarinya. 

"Kegiatan BBGRM sendiri merupakan bentuk perencanaan pembangunan yang diarahkan pada penguatan pengembangan nilai-nilai gotong royong masyarakat, menciptakan integrasi sosial budaya," katanya kemudian.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

Menurut Atos, pelaksanaan BBGRM setiap tahunnya bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya gotong royong masyarakat yang semakin memudar. 

Selain melestarikan seni dan budaya, dana desa dalam BBGRM ini kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Muhammad Ikhsan juga bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

"Secara tidak langsung akses transportasi di nagari akan semakin memadai melalui kegiatan ini. Serta bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat," papar Ikhsan kemudian.

[Man St Pambangun]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa