Pemkab Pasaman Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat Melalui Lomba Cerdas Cermat

Suasana Lomba Keluarga Sadar Hukum di Pasaman
Suasana Lomba Keluarga Sadar Hukum di Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pasaman menggelar lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten hari ini Selasa 15 November 2016 di gedung Syamsiar Taib Lubuk Sikaping.

Lomba ini diikuti oleh masyarakat perwakilan 12 Kecamatan yang ada di Pasaman , satu Kecamatan mengutus 5 peserta untuk bertanding dalam lomba yang dibentuk serupa cerdas cermat tersebut.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Dalam lomba, peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok sesuai dengan Kecamatannya, kemudian mereka akan bergantian menjawab sejumlah pertanyaan dari dewan juri.

Pertanyaan yang diberikan juri merupakan pertanyaan seputar narkoba, perlindungan anak dan kekerasan dalam rumah tangga, UU Lalulintas serta perdagangan manusia.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

Dewan juri sendiri berasal dari Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Sumbar, dan dua orang dari Bagian Hukum Setda Pasaman . Mereka adalah  Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Sumbar, Rahmah Huda, SH, MM, Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum ‎dan Bantuan Hukum Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumbar, Penyuluh Hukum Pertama, Diana Siska, SH.

Kemudian Kabag Hukum Setda Pasaman , Efka Emi, serta Kasubag Bantuan Hukum padan Bagian Hukum Setda Pasaman , Nurinawati, SH, MH.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

"Lomba ini untuk mewujudkan dan menumbuhkembangkan kesadaran hukum yang tinggi di tengah masyarakat, sehingga bisa meminimalisir pelanggaran hukum yang terjadi," kata Ketua Panitia Lomba Efka Emi.

Pemerintah Kabupaten Pasaman menyediakan sejumlah hadiah piala bergilir, piala tetap, uang pembinaan Rp2,5 juta untuk juara pertama, kemudian piala tetap, uang pembinaan Rp2 juta untuk juara kedua, dan piala tetap serta uang pembinaan Rp 1,5 juta untuk juara ketiga, dan juara harapan satu hadiah uang pembinaan Rp1 juta.

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

[Man St Pambangun]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa