Dalam Sehari 28 Warga Kota Solok Positif Covid-19, Tertinggi Sepanjang 2021

Juru bicara tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Juru bicara tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Ist)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Kasus Covid-19 di kota Solok, Sumatra Barat terus menunjukkan angka peningkatan, sepanjang Rabu 21 April 2021 tercatat sebanyak 28 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Data yang diperoleh KLIKPOSITIF menyebutkan, penambahan kasus positif harian Covid-19 yang sangat mencolok itu berdasarkan pemeriksaan sampel oleh laboratorium Unand Padang yang dikirim Posko Covid-19 Banda Panduang.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Lima orang diantaranya tercatat sebagai guru dan Aparatur Sipil Negara (ASN) SMP N 3 Kota Solok , kemudian dari kalangan ASN Dinas dan Rumah Sakit di Kota Solok , BUMN, pelajar serta masyarakat.

"Ini merupakan penambahan kasus harian positif Covid-19 yang tertinggi selama pandemi di kota Solok," ungkap juru bicara penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam, Rabu (21/4/2021).

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

Penambahan 28 kasus baru itu membuat total kasus Covid-19 di kota Solok menanjak drastis menjadi 912 kasus, dengan rincian 811 orang sembuh, dirawat di rumah sakit sebanyak 20 orang, Isolasi Mandiri sebanyak 64 orang dan kasus meninggal dunia sebanyak 17 orang.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif hari ini merupakan terbanyak sepanjang tahun 2021 dan sangat mengkhawatirkan," tegas Sekretaris daerah kota Solok tersebut.

baca juga: Hari Ini 72 Orang Positif COVID-19 di Tanah Datar, 30 Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

Menyikapi kondisi tersebut, tim penanganan Covid-19 kota Solok meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran wabah yang telah merebak sejak tahun 2019 itu.

"Ats nama Pemerintah Kota Solok dan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tidak bosan-bosannya kami menghimbau kita semua untuk tidak lengah dan abai dengan protokol kesehatan," imbaunya.

baca juga: SE Gubernur Sumbar: Objek Wisata di Zona Kuning Boleh Dibuka Saat Libur Lebaran

Dari hasil tracing dapat diketahui penyebaran Covid-19 di kota Solok sudah menjadi cluster rumah tangga, sekolah, maupun tempat kerja. Untuk itu partisipasi semua pihak dibutuhkan untuk memutus mata rantai Covid-19.

"Upaya terbaik yang bisa dilakukan saat ini dengan menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak interaksi," tutupnya.

Editor: Syafriadi