Permudah Pelayanan, Pengadilan Agama Solok Launching 8 Inovasi

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra meninjau inovasi hasil karya Pengadilan Agama Solok
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra meninjau inovasi hasil karya Pengadilan Agama Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Pengadilan Agama Solok melaunching 8 inovasi pelayanan. Inovasi tersebut dilahirkan untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat maupun untuk pegawai di Pengadilan Agama Solok.

Inovasi yang diterapkan di lingkungan Pengadilan Agama Solok diantaranya, Mesra (Manajemen Excellent Integrasi Data), Aciak (Akte Cerai Antar ke Alamat), PAS Spot, Yosmedi (layanan mobil siaga melayani dengan sepenuh hati).

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Kemudian, Kipas (Kartu Indentitas Prioritas), Pedati (Pelayanan Ekselen dan Akuntabel Tanpa jam Istirahat), Serambi Madinah (Konseling remaja millennial, berprestasi, mengawal dispensasi pra nikah)

dan Asik (Aplikasi Surat Izin keluar Kantor).

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Launching inovasi tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra, Jumat (16/4/2021) di kantor Pengadilan Agama Solok, serta dihadiri OPD terkait.

Wawako Solok merespon positif terhadap inovasi yang dilahirkan Pengadilan Agama Solok. Menurutnya, salah satu pendukung keberhasilan dalam Pembangunan Zona Integritas adalah adanya inovasi dalam memberikan pelayanan publik.

baca juga: Seribu Lebih Tenaga Kerja Non PNS Kota Solok Ikut Kepesertaan BP Jamsostek

Dikatakannya, Inovasi merupakan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi bisa berupa pemanfaatan teknologi informasi maupun kebijakan.

"Di era yang serba digital seperti sekarang ini, menjadi sebuah keharusan dalam peningkatan pelayanan publik dan juga manajemen administrasi pemerintahan," ungkap Wawako Solok .

baca juga: Update Covid-19 Kota Solok, 12 Kasus Baru, 8 Orang Sembuh

Inovasi e-government yang diterapkan di Pengadilan Agama Solok merupakan wujud moderenisasi dunia peradilan dengan migrasi ke manajemen perkara berbasis elektronik.

Dengan dilahirkannya beragam inovasi, diharapkan Pengadilan Agama Solok mampu memudahkan dan memuaskan masyarakat yang berurusan di Pengadilan Agama , terutama soal administrasi perkara dan lainnya.

"Adanya inovasi-inovasi ini juga sebagai bentuk sinergi antara Pengadilan Agama Solok dengan Pemerintah Daerah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya dan seutuh-utuhnya," tutup Wawako.

Editor: Syafriadi