Ramadan Ditengah Pandemi, Pemko Minta Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Rapat koordinasi terbatas Wako dan Wawako Solok bersama OPD jelang Ramadan 1442 Hijriah
Rapat koordinasi terbatas Wako dan Wawako Solok bersama OPD jelang Ramadan 1442 Hijriah (Prokomp)

Solok kota, KLIKPOSITIF - Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol pencegahan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) selama bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Berbeda dengan Ramadhan 2020, pada tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan salat tarawih secara berjamaah di masjid dan Musala, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

"Alhamdulillah, tahun ini masyarakat sudah diperbolehkan melaksanakan salat tarawih berjamaah, dengan catatan tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19," ungkap Wako Solok saat rapat koordinasi terbatas, Minggu (11/4/2021) di Balaikota Solok.

Wako Solok meminta Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk tetap mengingatkan masyarakat soal protokol pencegahan Covid-19, apalagi, ulasnya, beberapa waktu belakangan tingkat kepatuhan masyarakat sudah mulai menurun.

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Ditegaskan Wako, Covid-19 tersebut memang ada dan sudah banyak yang menjadi korban, untuk itu masyarakat diminta agar tidak mengabaikan aturan dalam pencegahan seperti yang sudah disampaikan.

Sebagaimana surat edaran Menteri Agama nomor 3 tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri, ada sejumlah poin penting yang mesti dipatuhi oleh pengurus masjid dan jemaah dalam menjalankan ibadah.

baca juga: Seribu Lebih Tenaga Kerja Non PNS Kota Solok Ikut Kepesertaan BP Jamsostek

Selama pelaksanaan Ramadhan tahun 2021, masyarakat diminta untuk menggunakan masker, membawa sajadah masing-masing serta menjaga jarak. Jumlah jemaah juga dibatasi, 50 persen dari kapasitas masjid dan Musala.

Selain itu, dalam edaran tersebut, masyarakat dianjurkan untuk melaksanakan sahur dan berbuka di rumah masing-masing. Jika melakukan buka puasa bersama, maka diminta untuk membatasi jumlah atau paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan.

baca juga: Update Covid-19 Kota Solok, 12 Kasus Baru, 8 Orang Sembuh

"Surat edarannya sudah jelas dan sudah disampaikan ke pihak terkait, kita minta masyarakat mematuhi surat edaran yang disampaikan untuk mencegah perluasan penyebaran Covid-19," tutur Zul Elfian.

"Mari bersama ingatkan untuk tetap patuhi prokes dalam menjalankan ibadah selama Ramadan. Dan ingatkan juga untuk tetap menjaga imunitas dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," tutup Zul Elfian.

Editor: Syafriadi