Pemko Solok Jalin Kerjasama dengan Pemko Pekanbaru

Wako Pekanbaru, Dr. Firdaus dihadiahi bunga Krisan dalam kunjungan ke Agrowisata Batu Patah Payo
Wako Pekanbaru, Dr. Firdaus dihadiahi bunga Krisan dalam kunjungan ke Agrowisata Batu Patah Payo (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Pemerintah kota Solok, Sumatra Barat dan Pemerintah kota Pekanbaru Riau menjalin kerjasama dalam bidang Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Memorandum of Understanding (MoU) antar dua daerah beda provinsi itu dilakukan Senin (5/4/2021) di rumah dinas Wali Kota Solok . Kesepakatan ditandatangani langsung Wako Solok, H. Zul Elfian dan Wako Pekanbaru , Dr. Firdaus.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Menurut Wako Solok, H. Zul Elfian, kerjasama antara kedua daerah berawal dari keinginan bersama untuk memperkuat kapasitas aparatur dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Semoga dengan adanya kesepahaman ini akan membawa berkah dan kemajuan bagii kedua daerah," ungkap Zul Elfian dihadapan Sekda dan OPD terkait.

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Sebagai bentuk keseriusan, Zul Elfian langsung meminta OPD lingkup Kota Solok untuk dapat menindaklanjuti nota kesepahaman dengan sektor atau bidang perjanjian kerjasama yang dibuat.

"Saya minta kepala OPD untuk dapat menindaklanjuti sesuai dengan sektor dan bidang tugas OPD, sehingga apa yang dilaksanakan hari ini betul-betul membawa manfaat bagi kedua daerah" tutup Zul.

baca juga: Seribu Lebih Tenaga Kerja Non PNS Kota Solok Ikut Kepesertaan BP Jamsostek

Dalam kesempatan itu, Wako Pekanbaru , Dr. H. Firdaus sempat mengungkapkan kebahagiaannya bisa berkunjung ke daerah penghasil beras ternama itu. Sekaligus dijamu dengan baik oleh Pemko Solok .

"Terima kasih atas jamuan Wali Kota Solok Bapak H. Zul Elfian, hari ini sungguh sangat bermakna bagi kami karena dijamu makan enak dengan Beras Solok yang terkenal dan yang sudah di patenkan" ungkap Wako Pekanbaru .

baca juga: Update Covid-19 Kota Solok, 12 Kasus Baru, 8 Orang Sembuh

Dikatakannya, Kota Pekanbaru merupakan daerah dengan Indek Pembangunan Manusias (IPM) tertinggi di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, bahkan melebihi daerah ibukota Jakarta.

Hal itu, katanya, tidak lepas dari upaya untuk meniru Negara Tetangga yakni Singapura yang IPM nya mencapai 93%, tertinggi di ASEAN, tekad Pemko Pekanbaru bagaimana bisa mengalahkan Singapura.

Beliau juga berharap semoga dengan adanya MoU antara Pemerintah Kota Pekanbaru dengan Pemerintah Kota Solok dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan membawa manfaat besar bagi kedua daerah.

"Harapan yang sama semoga MoU ini dapat sama-sama ditindaklanjuti oleh OPD kedua Kota, sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat kedua belah pihak" tutup Wako Pekanbaru .

Dalam kesempatan itu, Wako Solok juga mengajak rombongan Wako Pekanbaru untuk melihat dan memetik langsung bunga Krisan yang ada di kawasan Agrowisata Batu Patah Payo.

Editor: Syafriadi