Perkuat Peran Perantau, Pemko Solok Dialog Interaktif Bersama KBKS Jaya

Wako Solok, H. Zul Elfian paparkan program pembangunan kota Solok di hadapan pengurus KBKS Jaya
Wako Solok, H. Zul Elfian paparkan program pembangunan kota Solok di hadapan pengurus KBKS Jaya (Prokomp)

KLIKPOSITIF - Peran kalangan perantau dalam mendorong pembangunan daerah tidak kalah penting. Ide dan gagasan serta cara pandang dari masyarakat perantauan diharapkan menjadi sumbangsih dalam menentukan arah pembangunan bagi daerah.

Menurut Wali Kota Solok , H. Zul Elfian, menghimpun pemikiran warga Kota Solok yang ada di perantauan merupakan salah satu cara untuk menggali potensi dan pembangunan kota Solok kedepannya.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

"Perantau tentu punya sisi berbeda dalam memandang daerah dan kebutuhan dalam pembangunan kedepannya, untuk itu pemikiran perantau sangat dibutuhkan," kata Zul Elfian saat dialog interaktif Ranah dan Rantau Membangun Kota Solok , Sabtu (3/4/2021) di Hotel Balairung Jakarta.

Apalagi, ulas Zul Elfian, saat ini pemko Solok tengah melakukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yang merupakan kerangka program pembangunan yang ada dilakukan dalam waktu 5 tahun.

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Pada momen seperti itu, katanya, tentunya Pemerintah daerah perlu masukan dan gagasan dari semua elemen, termasuk kalangan perantau yang pastinya punya kepedulian tinggi untuk memajukan kampung halaman.

Pihaknya berharap, para tokoh perantau kota Solok tetap memberikan atensi terhadap program pembangunan yang dilakukan di daerah. Perantau bisa menjadi salah satu panel kontrol dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan.

baca juga: Seribu Lebih Tenaga Kerja Non PNS Kota Solok Ikut Kepesertaan BP Jamsostek

"Tentunya, Pemerintah daerah butuh sumbangsih pemikiran, ide dan gagasan dari tokoh dan perantau kota Solok. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan dorongan dan dukungan penuh perantau," tuturnya.

Pertemuan tersebut juga dijadikan media oleh Wako Solok untuk mensosialisasikan beragam program pembangunan, baik yang telah, tengah dilaksanakan maupun yang selesai dikerjakan.

baca juga: Update Covid-19 Kota Solok, 12 Kasus Baru, 8 Orang Sembuh

"Alhamdulillah, penataan Bantaran Batang Lembang berjalan dengan baik, PSC 119 Smash Care's, Pembangunan Masjid, BMT berbasis Masjid, Wisuda Hafidz, Agrowisata Payo, Lapangan merdeka dan banyak lainnya," tutup Zul Elfian.

Sementara itu, Wawako Dr. Ramadhani Kirana Putra mengungkapkan, pihaknya memang sengaja hadir langsung untuk bertatap muka dan mendengar masukan dari perantau terhadap program pembangunan kota Solok kedepannya.

"Ini merupakan upaya serius Pemerintah daerah dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat, termasuk dari kalangan perantau yang selama ini aktif dan peduli terhadap kemajuan kota Solok," sebutnya.

Ketua Umum KBKS Jakarta Raya, Maizul Hadi Djabar menegaskan komitmen KBKS dalam membantu masyarakat kota Solok dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19.

"Masa pandemi ini banyak permasalahan yang terjadi seperti kehilangan pekerjaan yang mengakibatkan kejahatan, kami KBKS Jaya siap membantu menggali potensi yang ada untuk berusaha menghadirkan lapangan pekerjaan," bebernya.

Turut hadir pada Dialog Interaktif tersebut Ketua DPRD Kota Solok , Hj. Nurnisma, Ketua LKAAM, H. M. Rusli, Ketua KAN Edi Warman, Sekretaris Bundo Kanduang Nailuredha, Wakil Ketua MUI Muslim Imam, Ketua KNPI Kota Solok Rio Putra, Dirut PDAM, dan Kepala OPD terkait, sementara dari pihak KBKS Jaya juga tampak hadir dewan Penasehat KBKS Jaya Har Adi Basri.

Editor: Syafriadi