Kota Solok Dapat Bantuan Pengembangan Kebun Durian Dari Kementan RI

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian menerima kunjungan Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian bersama Direktur Buflori Dirjen Hortikultura Kementan
Wali Kota Solok, H. Zul Elfian menerima kunjungan Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian bersama Direktur Buflori Dirjen Hortikultura Kementan (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Prof. Erizal Jamal bersama Direktur Buflori Dirjen Hortikultura Kementan, Dr. Liferdi Lukman mengunjungi kota Solok, Sumatra Barat, Kamis (18/3/2021).

Kedatangan rombongan disambut Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar bersama ssisten II Jefrizal, dan Asisten III Drs. H. Muhammad, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ikhvan Marosa, Kepala Bidang Pertamanan Zulkifli.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Menurut Prof. Erizal Jamal, kedatangannya ke daerah yang pernah menjadi tempatnya bersekolah itu untuk meninjau lokasi pengembangan perkebunan durian yang akan dilakukan.

"Maksud dan tujuan kami datang ke kota Solok untuk meninjau lokasi pengembangan Durian, untuk tahun ini kota solok mendapatakan 20 Ha dari APBN senilai 100 juta," ungkap Prof. Erizal Jamal.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Selain itu, katanya, kota Solok juga mendapat bantuan pengembangan Bunga Krisan sebanyak 4 green house senilai 850 juta yang dikembangkan di kawasan Agrowisata Batu Patah Payo.

"Serta, tahun ini, juga ada program sosialisasi Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengembangan tanaman hias yang nantinya akan dikerjasamakan dengan pihak bank," paparnya.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengapresiasi perhatian yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk daerah kota Solok melalui beragam program Pengembangan pertanian dan juga agro wisata.

Menurutnya, Pemko Solok saat ini juga tengah gencar untuk mengembangkan wisata agro di kawasan Agrowisata Batu Patah Payo. Bahkan, kunjungan wisatawan ke lokasi terus meningkat.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

"Tentunya, dengan berkembangnya wisata kota Solok akan meningkatkan kunjungan wisatawan, dan tentunya akan memberikan dampak secara ekonomi bagi PAD dan juga masyarakat," paparnya.

Selain potensi bidang wisata, kota Solok juga punya potensi besar untuk pengembangan pertanian. Areal sawah Solok menjadi salah satu lumbung penghasil beras.

"Dengan adanya bantuan pengembangan kebun durian, juga bisa menjadikan kota Solok menjadi sentra pengembangan buah durian," tutupnya.

Editor: Syafriadi