Apel Gabungan, Wawako Solok Ajak Satpol PP, Damkar, Satpam dan Linmas Tingkatkan Profesionalisme

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memimpin apel peringatan hari jadi Satpol PP, Damkar, Satpam dan Linmas di Kota Solok
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra memimpin apel peringatan hari jadi Satpol PP, Damkar, Satpam dan Linmas di Kota Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra saat apel gabungan Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Satpam dan Perlindungan Masyarakat ( Linmas ) se- Kota Solok , Rabu (17/3/2021) di Halaman Balaikota Solok.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Atas peran vital itu, Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas dalam melaksanakan tugasnya harus berlaku profesional, menjunjung tinggi ideologi Pancasila dan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

"Seperti yang kita tahu, Satpol PP, Satpam dan Linmas sangat berperan penting dalam membantu menjaga ketentraman masyarakat, serta Damkar sebagai ujung tombak dalam penanggulangan musibah kebakaran," ungkap Dhani.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Wawako juga memberikan apresiasi kepada seluruh personil Satpol PP, Damkar , satpam dan linmas atas dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah.

Dijelaskannya, Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

"Sementara, tugas pemadam kebakaran yakni melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan kebakaran musibah kebakaran yang terjadi di daerah," terangnya.

Selain itu, peran Satuan Satpam juga tidak kalah penting untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/ tempat kerja yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

"Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan ikut memelihara ketentraman ketertiban masyarakat," bebernya.

Sebuah kota atau wilayah memiliki indikator yang bagus jika tidak ada pencurian, kekerasan dan terwujudnya kenyamanan. Kedepan, peran keamanan dan ketertiban umum tidak boleh diremehkan.

"Pemerintah Kota Solok berkomitmen untuk meningkatkan profesionalitas kerja Satpol PP, Damkar , satpam dan linmas agar lebih humanis, edukatif, tegas dan berwibawa," tutupnya.

Editor: Syafriadi