Wawako Motivasi Mahasiswa Baru UMMY Solok Aktif Berorganisasi di Kampus

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra Memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra Memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok menggelar kuliah umum bagi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Senin (15/3/2021) di gedung Kubuang Tigobaleh.

Kuliah umum menghadirkan Wali Kota Padang Panjang, Fadli Amran sebagai narasumber dan Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra. Kuliah umum dihadiri 518 orang mahasiswa baru, civitas akademika dan yayasan.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Turut hadir langsung dan membuka kegiatan itu, ketua yayasan Mahaputra Muhammad Yamin Sarjana Hukum, Suryadi Azmi dan rektor UMMY Solok, Prof. Syahro Ali Akbar.

Wali Kota Padang Panjang, Fadli Amran bersama wakil Wali Kota Solok menyampaikan motivasi terkait Peran organisasi intra dan ekstra kampus untuk mendukung sukses setelah jadi sarjana.

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Dikatakan Fadli Amran, organisasi merupakan elemen penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan skil dan kemampuan yang tak diajarkan melalui bangku kuliah.

"Generasi muda harus punya keberanian untuk belajar dan berorganisasi di bangku kuliah. Dengan berorganisasi, maka jaringan dan kemampuan komunikasi serta kepemimpinan akan terasah sendirinya," kata ketua KNPI Sumbar itu.

baca juga: Seribu Lebih Tenaga Kerja Non PNS Kota Solok Ikut Kepesertaan BP Jamsostek

Tantangan saat ini, katanya, banyak generasi muda yang suka berada di zona nyaman dan hanya melakukan hal-hal biasa, padahal banyak hal baru dan positif yang akan ditemukan dengan berorganisasi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra menjelaskan, mahasiswa yang aktif di organisasi kampus, punya peluang yang sangat besar untuk berkiprah di berbagai bidang.

baca juga: Update Covid-19 Kota Solok, 12 Kasus Baru, 8 Orang Sembuh

Mahasiswa baru merupakan generasi muda dengan potensi yang harus terus ditingkatkan, hal ini menunjukkan bahwa generasi muda harus memiliki basis pendidikan yang cukup, sebagai bekal meniti kehidupan masa depan, terlebih dalam menghadapi era globalisasi.

Organisasi mahasiswa selama ini telah hadir membentuk generasi yang berkarakter. Bahkan, kata Dhani, dirinya yang hari ini diamanahi sebagai wakil Wali Kota Solok juga tidak terlepas dari pengalaman berorganisasi selama kuliah.

Sebagai alumni, Wakil Wali Kota Solok mengaku bangga pernah kuliah dan berproses dalam organisasi kemahasiswaan. Menurutnya, UMMY Solok kaya dengan organisasi yang aktif mencetak kader yang berkarakter.

"Kalau adinda mahasiswa semua kuliah di UMMY Solok dan hanya berpikir kuliah saja, maka akan rugi. Tidak asing lagi cerita aktivis mahasiswa yang sukses dalam kehidupan pasca berkuliah," katanya.

Dirinya berpesan, agar mahasiswa baru bangga kuliah dan berproses di UMMY Solok. Banyak alumni UMMY yang sukses setelah kuliah. Kampus kebanggaan masyarakat Solok itu bukanlah pelarian karena tak diterima kuliah di kampus lain.

"Kuliah di UMMY Solok, bukan berarti peluang kita tipis dibanding dengan orang yang kuliah di kampus negri, kesempatan kita sama. Maka dari itu, pupuk diri kita dengan berbagai kemampuan melalui berorganisasi," tutup Sekretaris IKKA UMMY Solok itu.

Editor: Syafriadi