Pemerintahan

Kapabilitas APIP Kota Solok Capai Level 3

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menerima sertifikat kapabilitas level 3 APIP Kota Solok
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menerima sertifikat kapabilitas level 3 APIP Kota Solok (Prokomp)

Solok Kota , KLIKPOSITIF - Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) kota Solok berhasil naik ke level 3, hal itu berdasarkan penilaian hasil Quality Insurance yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia.

Kenaikan level itu ditandai dengan penyerahan sertifikat kapabilitas level 3 yang diserahkan BPKP RI perwakilan Sumatra Barat, Buyung Wiromo Samudro kepada Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra di kantor Balaikota Solok, Rabu (10/3/2021).

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Dalam kesempatan itu, Wawako Solok menyampaikan apresiasi terhadap Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat yang telah membantu memfasilitasi APIP Kota Solok untuk dievaluasi oleh BPKP Pusat sehingga bisa naik ke level 3 (Tiga).

Dikatakannya, dengan peningkatan level kapabilitas APIP kota Solok ke level 3, diharapkan dapat membantu proses dan pelaksanaan program kegiatan dan pembangunan di kota Solok kedepannya.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

"Dengan kenaikan level itu, diharapkan Inspektorat dapat melakukan pengawasan dan audit secara profesional terhadap kegiatan dan program yang dilakukan sehingga lebih bermanfaat," harap Dhani.

Ditambahkannya, aparat Pengawas juga harus mempunyai kompetensi yang lebih baik dan susuai dengan yang dibutuhkan baik untuk Pemeriksaan Reguler, Reviu, Pemeriksaan Khusus, saber pungli, Gratifikasi, LHKPN maupun Zona Integritas.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

"Dengan adanya Peningkatan Level APIP menjadi Level 3 ini menandakan bahwa kita benar-benar serius dalam memberdayakan pengawasan yang merupakan salah satu dari fungsi-fungsi manajemen yang ada," sebut wawako.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat langsung menjadi narasumber Sosialisasi Manajemen Resiko untuk Pejabat Tinggi Pratama serta Gelar Pengawasan di Lingkungan Pemerintah Kota Solok .

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat, BuyungWiromo Samudro menjelaskan, dengan pencapaian yang diraih oleh APIP kota Solok juga menambah tanggungjawab yang akan dipikul.

"Otomatis tanggungjawab APIP kota Solok juga meningkat, bukan hanya pengawasan dan audit namun juga pencegahan penyimpangan dalam pelaksanaan program dan kegiatan," terangnya.

Editor: Syafriadi