Pemerintahan

RT, RW dan Linmas se- Kelurahan Tanah Garam Dikukuhkan

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra mengajak RT, RW dan Linmas membangun kelurahan
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra mengajak RT, RW dan Linmas membangun kelurahan (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra mengukuhkan sekaligus menyerahkan Surat Keputusan pelantikan RT, RW dan Linmas se-Kulurahan Tanah Garam periode 2021-2024 , Rabu (10/3/2021).

Turut hadir, Anggota DPRD Kota Solok Rusnaldi, Rusdi Saleh, Taufik Nizam, Lurah Tanah Garam Asril, Babinsa Tanah Garam, Babinkhamtibmas Tanah Garam serta seluruh RT, RW dan Linmas se-Kelurahan Tanah Garam.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Dalam amanatnya,
Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra mengatakan, RT, RW dan Linmas merupakan unsur penting dalam membangun dan menjaga ketentraman di tingkat kelurahan.

"Bapak dan Ibu merupakan orang-orang yang berperan penting di tengah masyarakat. Seluruh unsur yang ada di kelurahan merupakan simpul-simpul masyarakat dan mitra utama bagi pemerintah," sebut Wawako.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Perlu disadari, kata Ramadhani, tanpa kerja keras RT, RW dan Linmas, tentulah penyelenggaraan pemerintahan tidak dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan.

Untuk itu, katanya, sebagai ujung tombak pembangunan dan pengamanan ditengah masyarakat, RT, RW dan Linmas harus mempu membangun sinergi baik terhadap pemerintah daerah maupun kepada masyarakat.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

Selain itu, katanya, hadirnya Babinsa dan Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat kelurahan juga semakin menghadirkan rasa aman terhadap masyarakat. Sinergi antar lini akan memperkuat pembangunan dan keamanan di tingkat kelurahan.

"Mari bersama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan, data pendatang baru dan memantau kegiatan perkumpulan yang disinyalir dapat mengganggu ketertiban masyarakat," ajaknya.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Dhani mengajak seluruh komponen masyarakat serta aparat kelurahan untuk menjaga norma-norma dan kearifan lokal yang ada di masing-masing kelurahan.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Solok , Rusnaldi, mengapresiasi Lurah Tanah Garam yang pertama kalinya melakukan kegiatan pengukuhan dan penyerahan SK RT, RW dan Linmas.

"Ini pertama kalinya di Kota Solok , bahkan di Provinsi Sumatera Barat. Semoga kedepannya agenda ini selalu dilakukan dan dapat ditiru oleh kelurahan-kelurahan lainnya," sebut Rusnaldi.

Senada dengan itu, Rusdi Saleh mewakili Ketua DPRD Kota Solok , tugas RT, RW dan Linmas merupakan tugas yang mulia dan tidak mudah. Untuk itu, perlu dukungan bersama.

"Kita telah bersama-sama berkomitmen membangun kelurahan, apa yang telah kita rumuskan dan rencanakan, merupakan tanggung jawab kita untuk melaksanakannya," tutup Rusdi Saleh.

Editor: Syafriadi