Pemerintahan

Rakor Provinsi, Wako Solok Usulkan Sekolah Gratis SMA Sederajat

Wako Solok, H. Zul Elfian menyampaikan usulan sekolah gratis dan program strategis pemko Solok
Wako Solok, H. Zul Elfian menyampaikan usulan sekolah gratis dan program strategis pemko Solok (Prokomp)

KLIKPOSITIF - Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Sumatra Barat selaku pemegang kewenangan untuk mengakomodir program sekolah gratis bagi pelajar SMA sederajat di kota Solok.

Hal itu disampaikan Wako Solok dalam rapat Rapat Koordinasi Gubernur dengan seluruh Bupati dan Wali Kota guna sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

baca juga: Penilaian Kementerian Investasi, Sumbar Masuk Provinsi Pelayanan Terbaik

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar , Mahyeldi, Wakil Gubernur Audy Joinaldi, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Hansastri, seluruh Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta para Kepala OPD terkait dari Pemerintah Kota Solok .

Menurut Wali Kota Solok , sampai saat ini, Pemerintah kota Solok hanya bisa memberikan sekolah gratis bagi pelaja sampai jenjang SMP, hal itu dikarenakan jenjang SMA berada dibawah kewenangan pemerintah provinsi.

baca juga: Wakil Presiden Tanggapi Soal Konversi Bank Nagari

"Saat ini, biaya sekolah di Kota Solok hanya gratis sampai tingkat SMP. Diharapkan dukungan dari Pemprov untuk sekolah gratis bagi pelajar SLTA sederajat," tutur Zul Elfian.

Dalam rapat koordinasi itu, Wako Solok juga menyampaikan berbagai program strategis kota Solok di berbagai bidang. Di sektor perikanan, kota Solok akan memaksimalkan BBI Sarasah Sia Batimpo.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo di Kelurahan Laing ditargetkan bakal menjadi sentra bibit ikan air tawar yang tidak hanya memasok kebutuhan untuk Kota Solok , namun juga untuk daerah sekitar.

Di bidang pariwisata, Kota Solok juga bakal mengoptimalkan pengelolaan objek wisata Pulau Belibis, Pulau Belibis berpotensi untuk menjadi objek wisata andalan Kota Solok .

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Di bidang infrastruktur, Pemko Solok tengah mengupayakan lanjutan pembangunan RSUD Kota Solok . Saat ini bangunan Instalasi Gawat Darurat dan Instalasi Rawat Jalan telah selesai.

"Pembangunan Instalasi rawat inap belum jadi dikerjakan karena adanya Recofusing anggaran Tahun 2020 karena pandemi Covid-19, harapan kita rumahsakit bisa dioperasikan tahun 2022 mendatang," terang Wako.

Terakhir, penyelesaian GOR Laing guna menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2024, dimana Kota Solok pertama kalinya semenjak berdiri, akan bertindak sebagai tuan rumah Porprov.

Di hadapan Gubernur, Wako Solok berharap dukungan Pemprov. Sumbar, terutama untuk anggaran pembangunan dan sinergi program antara kabupaten/Kota dengan provinsi.

Merespon usulan itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, pihak provinsi akan menguapayakan untuk mengakomodir usulan yang disampaikan, termasuk sekolah gratis bagi SMA sederajat.

"Kita harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat," pesan Gubernur yang turut diamini Wakil Gubernur, Audy Joinaldy.

Editor: Syafriadi