Bupati Pasaman : Baznas dan Dewan Pendidikan Wujudkan Visi Pemerintah

Seremonial Pelantikan Pengurus Baznas dan Dewan Pendidikan Pasaman
Seremonial Pelantikan Pengurus Baznas dan Dewan Pendidikan Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF --Bupati Pasaman , Yusuf Lubis meminta agar organisasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dewan Pendidikan sejalan dengan visi kepemerintahan daerah itu.

Ia mengatakan dua lembaga itu harus transparan dan profesional dalam menjalankan roda organisasi.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

"Kita berharap pengurus yang baru dilantik mampu menjalankan lembaga ini ke arah yang lebih baik, baik Baznas maupun Dewan Pendidikan. Para pengurus harus lebih profesional, transparan dalam mengelola organisasi," kata Yusuf Lubis, Sabtu 5 November 2016. 

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2011, Baznas mempunyai tugas pokok untuk mengumpulkan, mendistribusikan dan memberdayakan zakat sesuai ketentuan agama. Dalam melaksanakan tugasnya Badan Amil Zakat bertanggung jawab kepada Bupati dan Baznas Provinsi.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

"Selain itu juga untuk keadilan sosial serta meningkatkan hasil guna dan daya guna zakat. Membayar zakat, merupakan kewajiban dan tanggung jawab moral keagamaan," sebutnya.

Ia juga menyebutkan di lingkungan masyarakat, zakat, infak dan sedekah merupakan sumber potensial apabila digali dan dimanfaatkan dengan baik, dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan memberantas kemiskinan.‎ 

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

Ia meminta, para pengurus kedua lembaga itu segera melaksanakan rapat kerja, untuk menyusun program kerja dalam pengelolaan Baznas dan Dewan Pendidikan. 

"Baznas harus mampu memanfaatkan potensi zakat selain dari PNS. Begitu juga bagi Dewan Pendidikan, agar bekerjasama dengan SKPD untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Pasaman ," papar Yusuf Lubis kemudian. 

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

Hal itu disampaikan Yusuf Lubis pada pelantikan dan serah terima jabatan pimpinan Baznas dan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Pasaman , periode 2016-2021 yang dilaksakan di gedung Syamsiar Thaib, Lubuk Sikaping pada Jumat 4 November 2016 kemarin. Ketua Baznas Pasaman terpilih yakni Syafrizal, dan Ketua Dewan Pendidikan dipimpin oleh Maslan Nasution.

[Man St Pambangun]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa