Wawako Solok Buka Panggung Pidato Adat se-Kota Solok

Wali Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra pesankan pentingnya menjaga seni tradisi dan budaya daerah.
Wali Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra pesankan pentingnya menjaga seni tradisi dan budaya daerah. (Prokomp)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Baru hitungan jam dilantik sebagai Wakil Wali Kota Solok , Ramadhani Kirana Putra langsung hadir ditengah masyarakat saat arisan panggung pidato adat se Kota Solok , Jum'at malam (26/2/2021) di Panggung Induk Ulu Aie, Kelurahan Tanah Garam.

Mantan legislator kota Solok itu menyambut baik aktifnya panggung pidato adat di Kota Solok . Menurutnya, panggung pidato adat menjadi wadah bagi generasi muda untuk belajar berbagai seluk beluk adat Solok .

baca juga: Baru Dilahirkan, Bayi Perempuan Ditinggal Ibunya dekat WC di Air Dingin Solok

"Panggung pidato adat merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Solok dan lembaga terkait dalam menjaga kekayaan adat dan budaya daerah," ungkap Ramadhani Kirana Putra.

Dikatakannya, selain sebagai tempat belajar, panggung pidato adat juga menjadi tempat untuk bersilaturahmi bagi seluruh pemangku adat, sekaligus mendiskusikan berbagai problematika adat ditengah masyarakat.

baca juga: PSSI Askot Solok Periode 2021-2025 Dilantik

Pelestarian adat dan seni tradisi sangat penting karena menjadi hal yang tidak terpisahkan dari identitas masyarakat Kota Solok .

Panggung pidato adat merupakan aset daerah.

baca juga: Jelang Puasa, Lembaga Adat Kota Solok Silahturahmi Dengan Pemko

"Panggung pidato adat merupakan langkah nyata untuk menjaga adat dan budaya, jangan sampai generasi muda tidak tahu dengan adat dan budaya daerah sendiri dan condong meniru kebudayaan dari luar," cetus Dhani.

Diakuinya, Panggung pidato, disamping menjadi sarana penanaman nilai adat dan budaya, juga terkandung pengajaran nilai-nilai agama serta kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

baca juga: Pemko Solok Terima Penghargaan TP2DD dari BI Perwakilan Sumbar

Nilai adat dan budaya serta nilai-nilai agama, ulasnya, merupakan nilai dan identitas yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat kota Solok . Hal itu sejalan dengan nilai Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah.

"Kami berharap, panggung pidato adat yang ada di Kota Solok tetap eksis dan menghasilkan pelaku adat yang konsisten, menjadi tradisi daerah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma mengatakan, DPRD dan Pemko Solok sangat mendukung program pelestarian seni tradisi dan budaya kearifan daerah kota Solok .

"Pelestarian seni tradisi dan budaya daerah merupakan hal yang sangat penting, ini adalah bagian dari identitas kita sebagai masyarakat kota Solok ," ujar Hj. Nurnisma.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah