Program Pamsimas Pasaman Lengkapi Kebutuhan Air Minum Warga di Tahun 2017

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman , Yusuf Lubis mengatakan pihaknya akan melengkapi dan memenuhi akses perolehan air minum bagi masyarakat di daerah itu melalui program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) pada tahun 2017.

"Program Pamsimas merupakan salah satu program utama pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat pencapaian 100 persen akses air minum aman dan sanitasi layak bagi masyarakat di kawasan perdesaan," katanya.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

Menurutnya, program ini memberikan manfaat banyak bagi masyarakat perdesaan dalam hal pemenuhan air bersih dan sanitasi yang sehat. Setiap program Pamsimas harus didukung untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat Pasaman .

Pengelolaan Pamsimas sendiri akan diambil alih oleh Badan Pengelolaan- Sistem penyediaan air minum dan sanitasi (BP-Spams) yang tersedia di tiap kecamatan.

baca juga: Menteri KP Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar di Pasaman

"BP-Spams adalah contoh masyarakat yang mengelelola penyediaan air minum dan sanitasi. Setidaknya ada 96 BP-Spam yang harus dibina dengan baik," sebutnya.

Sementara itu, Distrik Kordinator Pamsimas Kabupaten Pasaman , Syafridal Agus menuturkan, sejak diluncurkan lima tahun lalu, Pamsimas sudah berhasil dibangun di 96 lokasi, dengan sudah melayani 19.420 KK.

baca juga: Bus Rombongan Pesta dari Pasbar Alami Kecelakaan di Pasaman, Satu Penumpang Meninggal Dunia

"Untuk tahun 2017, sudah ditetapkan 20 calon lokasi air minum. Pada program Pamsimas ketiga ini akan melibatkan dana nagari dari alokasi dana desa," papar Syafridal.

Ia juga menjelaskan, pemerintah pusat akan menggelontorkan sejumlah dana ke daerah itu jika air minum dari program Pamsimas itu sudah tersambung ke rumah-rumah warga dengan baik.

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

"Saat ini baru tercapai 608 sambungan rumah. Pada 2017 nanti, Pusat menyetujui Pasaman dapat hibah SR untuk 1.000 sambungan rumah, dengan alokasi dana mencapai Rp2 miliyar," katanya kemudian.

[Man St Pambangun]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa