PJ Sekda Solsel: Kegiatan Dinas Pariwisata Tidak Singkron Antara Satu Bidang dengan Bidang Lainnya

Pj Sekda Solsel Doni Rahmat Samulo
Pj Sekda Solsel Doni Rahmat Samulo (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Penjabat (Pj) Sekda Solok Selatan Doni Rahmat Samulo mengungkapkan Kegiatan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Pariwisata tidak sinkron antara satu bidang dengan bidang lainnya sehingga kegiatan yang dilaksanakan dengan APBD tersebut tidak efektif dan efisien.

"Kalau bisa dalam internal SKPD itu ada keterkaitan kegiatan antara satu bidang dengan bidang lainnya, jangan sampai bidang satu kegiatannya A, Bidang dua kegiatannya B, sehingga tidak tercapai RPJMD," katanya.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

Dia melanjutkan memang semua kegiatan untuk mencapai RPJMD tetapi karena keterbatasan anggaran akhirnya kegiatan yang dilakukan kegiatannya menjadi tidak efektif dan efisien.

"Jadi karena Anggaran Solok Selatan terbatas, anggaran yang ada kurang satu Triliun, sehingga semua kegiatan harus efektif dan efisien," katanya

baca juga: Setelah Geledah Dinas PU, Tim Kejari Lanjutkan Penggeledahan Ke Kantor BPKD Solsel

Dia menambahkan agar penggunaan anggaran efektif dan efisien harus ada konektivitas kegiatan antara satu SKPD dengan SKPD lainnya, tersebut antara satu bidang dengan bidang lainnya di SKPD tersebut.

"Karena anggaran terbatas harus ada sinergi antar SKPD atau antar bidang di Internal SKPD untuk mengeroyok satu tujuan sampai tuntas sehingga kegiatan yang dituntaskan tersebut akan menghasilkan pendapatan daerah, makin banyak yang tuntas semakin banyak pendapatan," katanya.

baca juga: Satu Koper Berisi Dokumen Dibawa Tim Kejari Usai Geledah Ruang Dinas PU Solsel

Dia mencontohkan kegiatan agro wisata pada dinas Pariwisata, semestinya kegiatan tersebut terintegrasi dengan Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas perdagangan, terintegrasi dengan kecamatan bagaimana mengarahkan dan mengkondisikan masyarakat dalam bercocok tanam.

Menurutnya setiap kegiatan itu harus jelas output atau tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut.

baca juga: FLASH: Kejari Geledah Kantor PU Solsel

"Sama-sama bekerja berbeda dengan bekerjasama. Sama-sama bekerja hasilnya tidak menyatu bahkan tidak tuntas, tetapi bekerjasama sama outputnya jelas, jelas hasil yang dicapai. Kita ingin antar SKPD dan Internal SKPD bekerjasama bukan sama-sama bekerja," tegasnya

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah